Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014

Soal-soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014

Menyebutkan  nama-nama benda sesuai kegunaannya misalnya, gunting kuku untuk menggunting kuku , gunting untuk menggunting kertas adalah indikator pencapaian perkembangan anak usia :

3-4 tahun

4-5 tahun

5-6 tahun

4-6 tahun

 

Menggunting bungkus makanan menggunakan gunting dan memotong sayuran menggunakan pisau secara mandiri dengan pengawasan guru  pada kegiatan” cooking time” adalah kegiatan yang sesuai dengan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak usia …….

3-4 tahun

4-5 tahun

5-6 tahun

6-7 tahun

 

Kegiatan yang sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif adalah…….

Anak melakukan perintah guru untuk membuat sandwich sesuai dengan urutan proses pembuatannya pada kegiatan cooking time.

Anak melaksanakan 3-4 perintah sederhana yang diberikan guru.

Anak melaksanakan perintah sederhana yang diberikan oleh guru untuk mewarnai dengan rapi.

Anak melakukan perintah untuk membuat cerita bergambar sesuai dengan urutan kejadian yang diberikan oleh guru.

 

Kegiatan yang sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun dalam menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif adalah..

Anak menceritakan gambar yang terdapat dalam buku dengan kalimat sederhana.

Anak menggunakan kalimat pendek dengan kosa kata yang lebih banyak untuk menyatakan apa yang dilihat pada ruang kelas pada pembalajaran tema sekolah.

Anak menggunakan kalimat pendek dengan kosa kata yang terbatas untuk menyatakan apa yang dilihat pada ruang kelas pada pembelajaran tema sekolah.

Anak menceritakan dan mengungkapkan perasaannya tentang kegiatan study tour ke taman burung yang telah dilakukan sebelumnya dan menyampaikan keinginannya untuk kegiatan study tour selanjutnya.

Ketika anak sudah dapat beradaptasi secara wajar pada lingkungan dan situasi yang baru dikenalnya , maka anak tersebut  sudah berkembang sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan anak usia……….

4-5 tahun

3-4 tahun

2-4 tahun

5-6 tahun.

 

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014, Upaya penjaringan yang dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang dan mengetahui serta mengenal factor resiko pada anak usia dini adalah pengertian dari………..

Screening

Deteksi dini

Scaning tumbuh kambang

Tindak lanjut.

 

Menurut pedoman deteksi dini Tumbuh kembang, macam-macam penilaian pertumbuhan fisik yang dapat digunakan, kecuali…………………

Pengukuran berat badan (BB)

Pengukuran Tinggi Badan (TB)

Pengukuran Lebar badan (LB)

Pengukuran Lingkar Kepala Anak ( LKA)

 

Teknik yang dilakukan untuk deteksi dini terhadap perkembangan anak dengan prosedur yang relative cepat dan murah, adalah ……………………..

Teknik Skrinning

Teknik Skinning

Teknik Skanning

Teknik Scan.

 

Peralatan Skrinning perkembangan terdiri dari bebeapa perangkat, diantaranya kecuali….

Kuosioner Pra skrining Perkembangan (KPSP)

Kuosioner Perilaku Anak Sekolah (KPAP)

Tes Daya lihat (TDL) bagi anak pra sekolah

Tes Daya Raba (TDR) bagi anak Pra Sekolah

 

GPPH adalah gangguan perilaku yang timbul pada anak dengan pola gejala sebagai berikut, kecuali ………………….

Tidak dapat bergerak

Tidak dapat diam

Tidak dapat memusatkan perhatian

Perilaku Impulsif.

 

Menurut Permen DikBud no 146 tahun 2014 pasal 1 menyebutkan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia :

0-4 tahun

0-6 tahun

0-8 tahun

4-6 tahun

Kompetensi dasar merupakan penjabaran dari kompetensi inti dan Kompetendsi dasar  terdiri atas :

Kompetensi dasar sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan

Kompetensi dasar afektif, kognitif dan psikomotor

Kompetensi dasar sikap spiritual, sikap sosial dan ketrampilan

Kompetensi dasar sikap spiritual, sikap social dan pengetahuan

Struktur kurikulum PAUD memuat program-program pengembangan yang mencakup :

Afektif, kognitif dan psikomotor

Agama dan moral, fisik motorik, kognitif

Agama dan moral, fisik motorik, kognitif, Bahasa, seni dan sosial-emosional

Agama dan moral, fisik motorik, kognitif dan  Bahasa

Perwujudan dan suasana untuk berkembangnya kematangan proses berfikir dalam konteks bermain adalah merupakan program pengembangan :

Bahasa

Social emosional

Seni

Kognitif

Perwujudan dan suasana untuk berkembangnya kepekaan sikap dan ketrampilan social serta kematangan emosi dalam konteks bermain adalah merupakan program pengembangan :

Bahasa

Social emosional

Seni

Kognitif

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini  disebutkan bahwa anak usia dini diharapkan tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Deteksi dini diperlukan untuk mengetahui apakah seorang anak tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Berikut pengertian deteksi dini yang benar adalah

Deteksi dini adalah kegiatan untuk menemukan secara dini adanya potensi dan hambatan pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini.  *

Deteksi dini adalah upaya khusus yang diberikan kepada anak yang menurut hasil deteksi dini diketahui tumbuh kembangnya tidak optimal.

Deteksi dini adalah kegiatan untuk menemukan bertambahnya fungsi psikis dan fisik anak

Deteksi dini adalah kegiatan untuk mengidentifikasi hambatan pertumbuhan dan perkembangan anak

 

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Pada dasarnya Fakhri bersedia mengikuti kegiatan yang dilakukan di kelas, namun ia tampak pasif. Ia menirukan gerakan yang dilakukan, misalnya saat  bertepuk tangan dan melakukan gerakan-gerakan yang dicontohkan guru. Namun saat kegiatannya bersifat verbal, misalnya duduk melingkar dan guru bertanya pada masing-masing anak,  atau guru mengajarkan doa, ia tetap diam, ia tetap  berada di lingkaran  namun berbalik ke belakang dan melihat benda-benda yang dibelakangnya. Jika didekati guru dan diarahkan ke depan, anak mengikuti secara fisik, namun secara verbal tidak.  Dari uraian diatas, fakhri dideteksi memiliki hambatan dalam :

Perkembangan Fisik

Perkembangan Bahasa Reseptif

Perkembnagan Bahasa Ekpresif

Perkembangan Bahasa Reseptif dan Ekpresif.*

 

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Bu Rina membawa media ikan ke dalam kelas untuk diperlihatkan pada anak- anak, setelah anak- anak mengamati,  ada tujuan lain yang ingin dicapai Bu Rina bila dihubungkan dengan pelaksanaan pendekatan saintifik adalah

Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan.*

Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan, mengasosiasi

Mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, mengasosiasi, mengkomunikasikan

Mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, , mengasosiasi, mengkomunikasikan

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD – Pendidikan  Anak  Usia  Dini (PAUD) merupakan suatu  upaya  pembinaan  yang  ditujukan  kepada:

anak  sejak  lahir  sampai dengan  usia  8  (delapan)  tahun

anak  sejak  lahir  sampai dengan  usia  6  (enam)  tahun *

anak  sejak  lahir  sampai dengan  usia  7  (tujuh)  tahun

anak  sejak  lahir  sampai dengan  usia  9  (sembilan)  tahun

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014, PAUD diselenggarakan  berdasarkan kelompok usia dan jenis layanannya, kecuali

Layanan  PAUD  untuk  usia  sejak  lahir sampai  dengan  6  (enam)  tahunterdiri  atas  Taman  Penitipan  Anak  dan    Satuan  PAUD  Sejenis  (SPS), dan yang sederajat.

Layanan  PAUD  untuk  usia  2  (dua)  sampai  dengan  4  (empat)  tahun terdiri atas Kelompok Bermain (KB) dan yang sejenisnya.

Layanan  PAUD  untuk  usia  4  (empat)  sampai  dengan  6  (enam)  tahun terdiri atas  Taman Kanak-kanak (TK)/Raudhatul Athfal (RA)/Bustanul Athfal (BA), dan yang sederajat.

Layanan  PAUD  untuk  usia  2 (dua)  sampai  dengan  6  (enam)  tahun terdiri atas  Taman Kanak-kanak (TK)/Raudhatul Athfal (RA)/Bustanul Athfal (BA), dan yang sederajat.*

Pernyataan berikut ini yang bukan termasuk kedalam karakteristik Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini adalah…

Pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik

Penilaian autentik dalam memantau perkembangan anak

Pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan sekolah

Memberdayakan peran orang tua dalam proses pembelajaran

Serangkaian upaya khusus yang dilakukan untuk mengoreksi, memperbaiki, dan mengatasi hambatan tumbuh kembang agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya, disebut…

Deteksi

Intervensi

Interprestasi

Stimulasi

Jaringan tema atau format yang dikembangkan oleh satuan PAUD yang berisi projek-projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan pembelajaran, disebut….

Program tahunan

Program semester

RPPM

RPPH

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Menyebut nama anggota keluarga lain, teman, dan jenis kelamin mereka, termasuk kedalam kompetensi dasar….

KD 3.5

KD 3.15

KD 3.7

KD.1.1

Berikut ini yang tidak termasuk indikator dalam kompetensi dasar memecahkan masalah sehari- hari dan berperilaku kreatif adalah….

Mengerjakan maze yang lebih kompleks 3-6 jalan

Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh lebih dari 8 kepingan

Mencoba macam- macam rasa

Memasangkan bentuk geometri dengan benda 3 dimensi

Kemampuan dalam memecahkan sendiri masalah sederhana yang dihadapi termasuk kedalam indikator pencapaian perkembangan pada usia berapa…

2- 3 tahun

3-5 tahun

4-5 tahun

5-6 tahun

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Kemampuan anak dalam menghubungkan nama benda dengan tulisan sederhana termasuk kedalam ……

KD 3.12

KD 3.15

KD 3.7

KD.1.1

Kemampuan anak mentaati aturan yang berlaku dalam sebuah permainan, merupakan salah satu bentuk perkembangan ….

Bahasa

Kognitif

Fisik motorik

Sosial Emosional

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Bertambahnya kemampuan atau fungsi semua sistem organ tubuh sebagai akibat bertambahnya kematangan fungsi- fungsi system organ tubuh adalah pengertian dari….

Perkembangan

Pertumbuhan

Deteksi dini

Kematangan

Keterlambatan dalam kemampuan berjalan adalah gangguan motorik pada….

Kelainan tonus otot atau penyakit neuromuscular

Celebra palsy

Kelainan sumsum tulang belakang

Kelainan bawaan

Dalam penyusunan kurikulum PAUD dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip. Dibawah ini yang termasuk prinsip – prinsip dalam penyusunan kurikulum, kecuali….

Kurikulum dikembangkan secara kontekstual yaitu dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kondisi sekolah, dan kebutuhan anak

Kurikulum disusun agar semua program pengembangan menjadi dasar pembentukan sikap spiritual dan sikap sosial anak

Kurikulum disusun dengan mempertimbangkan cara anak belajar dari sederhana ke rumit, abstrak ke konkret dan dari keakuan ke rasa sosial

Kurikulum dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar pada anak dengan memperhatikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berkembang secara dinamis

 

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Dalam memilih, menata dan mengurutkan tema, perlu diperhatikan prinsip – prinsip sebagai berikut :

Ruang lingkup tema hanya mencakup satu aspek saja

Tema yang dimulai dari hal yang sederhana menuju hal yang lebih rumit

Tema ditentukan oleh guru dan kepala sekolah

Tema yang dipilih sesuai dengan ketentuan dari pengelola PAUD

 

Dibawah ini adalah urutan langkah – langkah dalam pembuatan Program Semester

Menentukan Kompetensi Dasar pada setiap tema

Membuat daftar tema satu semester

Memilih dan mengurutkan tema

Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema

Manakah Urutan yang paling benar….

2 – 4 – 1 – 3

4 – 3 – 1 – 2

1 – 2 – 3 – 4

2 – 1 – 4 – 3

 

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Dibawah ini adalah pihak – pihak yang terlibat dalam pengembangan KTSP, kecuali…

Pendidik

Kepala/ pengelola lembaga PAUD

Dinas Pendidikn setempat

Orang tua murid

Pengaturan belajar bagi anak usia dini dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka dengan durasi paling sedikit ….

900 menit perminggu

900 menit perhari

540 menit per minggu

540 menit per hari

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014, Prinsip penilaian proses dan hasil belajar anak di PAUD berdasarkan prinsip-prinsip berikut, kecuali…

Berkesinambungan, akuntabel, transparan

Berkesinambungan, objektif, sistematis

Akuntabel, transparan, mendidik

Berkesinambungan, subjektif, sistematis

Teknik penilaian yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung, disebut…

Penugasan

Anekdot

Observasi

Unjuk kerja

Berikut ini adalah rasional yang tepat mengenai teknik penilaian “unjuk kerja” …

Teknik penilaian yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan terpimpin maupun bebas

Teknik penilaian yang melibatkan anak dalam bentuk pelaksanaan suatu aktivitas yang dapat diamati

Teknik penilaian berupa pemberian tugas yang akan dikerjakan anak dalam waktu tertentu

Teknik penilaian yang dilakukan dengan mencatat sikap dan prilaku khusus pada anak ketika suatu peristiwa terjadi secara tiba-tiba/insidental

Soal – soal PERMENDIKBUD NO.146 TAHUN 2014 Berdasarkan mekanisme  yang tercantum dalam Permendikbud No. 146 tahun 2014 bahwa pelaporan secara tertulis Pencapaian Hasil Perkembangan dan Pertumbuhan Anak  diberikan kepada orang tua …

Minimal sekali untuk setiap 3 bulan

Minimal sekali untuk setiap 6 bulan

Minimal sekali untuk setiap 9 bulan

Minimal sekali untuk setiap 12 bulan

Penilaian dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan, merupakan rasional dari prinsip penilaian…

Akuntabel

Transparan

Sistematis

Menyeluruh

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *