Arsitektur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring

sistem Guru Pembelajar moda Daring

Sistem Guru Pembelajar Moda Daring

1. Model 1

Guru Pembelajar moda ini diperuntukan bagi guru dengan profil hasil UKG nya memiliki 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada tahun yang berjalan.

2. Model 2

Guru Pembelajar moda daring – Model 2 diperuntukan bagi :

  1. Guru dengan profil hasil UKG nya memiliki 6 (enam) sampai dengan 7 (tujuh) kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada tahun yang berjalan
  2. Guru pada kriteria point 1), dengan lokasi kerja jauh dari lokasi KKG/MGMP yang digunakan sebagai tempat pertemuan tatap muka
  3. Guru pada kriteria point 1), yang merupakan binaan dari seorang mentor yang memiliki guru binaan kurang dari kuota minimal. Persyaratan jumlah guru yang dibina oleh seorang mentor, dapat dilihat pada BAB IV, sub bab E.

Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

Guru Pembelajar moda ini diperuntukan bagi guru dengan profil hasil UKG nya memiliki 6 (enam) sampai dengan7 (tujuh) kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada tahun yang berjalan. Pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi, peserta akan difasilitasi oleh mentor secara daring dan luring di Pusat Belajar (PB).

Unsur-unsur dalam Penyelenggaraan Guru Pembelajar Moda Daring

Unsur-unsur dalam penyelenggaraan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring meliputi pembelajaran menggunakan akses internet, pusat belajar, mentor, materi ajar, belajar mandiri, interaksi tatap muka, interaksi daring, praktik, praktikum, sistem penilaian pembelajaran daring, sistem penilaian belajar mandiri, penggunaan sistem UKG dalam tes akhir, evaluasi akhir program dan sertifikasi.

Arsitektur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring

Guru Pembelajar moda daring bermuara dari SIM Guru Pembelajar yang berisi database yang akan diekspor ke Learning Managament System (LMS) Guru Pembelajar untuk dilaksanakan pada program Guru Pembelajar moda daring. Pembelajaran moda daring yang disediakan dalam LMS Guru Pembelajar, menggunakan modul Guru Pembelajar yang dikembangkan menjadi aktivitas-aktivitas pembelajaran berupa teks modul, gambar, video dan audio yang tersimpan di server repository, serta fasilitas video call sebagai sarana interaksi antara pengampu, mentor dan peserta Guru Pembelajar. Adapun tes akhir yang akan dilaksanakan oleh peserta Guru Pembelajar dilakukan sesuai mekanisme sistem UKG. Data seluruh aktivitas pengguna Guru Pembelajar moda daring akan di evaluasi menggunakan software analytic tool/reporting. Portofolio hasil pembelajaran setiap peserta akan terekam dan tersimpan di database peserta di SIM Guru Pembelajar. Arsitektur sistem Guru Pembelajar moda daring dapat diilustrasikan seperti pada Gambar berikut ini.

Arsitektur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring
Gambar . Arsitektur Sistem Guru Pembelajar moda Daring

 

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *