Silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 Bahasa Prancis Peminatan

Silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 Bahasa Prancis Peminatan

Silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 Bahasa Prancis Peminatan untuk sma/smu/ma/smk, Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran Matematika untuk SMA kelas X, XI, XII yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Setelah mempelajari bahasa Prancis di Sekolah Menengah, peserta didik diharapkan mampu menggunakan beragam fungsi sosial kebahasaan untuk  berkomunikasi baik lisan maupun tulis dalam berbagai situasi yang sederhana setara level A1 pedoman Le Cadre européen commun de référence pour les langues (CECRL).

Kompetensi Bahasa Prancispeserta didik setelah belajar dari kelas X-XII yaitu:

Kelas  X Kelas XI Kelas XII
Peserta didik memiliki kemampuan memperkenalkan diri; mendeskripsikan orang dan benda; mengucapkan salam; berterima kasih; memberikan informasi yang berkaitan dengan waktu; menunjukkan bangunan/fasilitas umum; menunjukkan arah, petunjuk; mengapresiasi lagu Prancis Peserta didik memiliki kemampuan  menghargai kinerja, mengemukakan pendapat; mengajak /mengundang, menerima dan menolak ajakan, mengucapkan selamat; menceritakan keadaan yang aktual dan faktual serta menceritakan kebiasaan yang dilakukan hingga saat ini; menceritakan kejadian yang terjadi di waktu lampau; membuat pesan singkat dan pengumuman, dan membuat teks deskriptif,  dan mengapresiasi puisi Prancis Peserta didik memiliki kemampuan menyatakan harapan; memberi saran, menyatakan tujuan, memberi perintah, melarang, menceritakan kejadian pada waktu yang akan datang, membuat teks naratif, dan mengapresiasi cerita Fabel (fable) Prancis
  1. Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Prancis Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Prancistingkat SMA/MA mengikuti elemen pengorganisasian Kompetensi Dasar yaitu Kompetensi Inti. Kompetensi Inti yaitu:

Kelas X Kelas XI Kelas XII
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah   KI3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah KI 3 Memahami,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Pengembangan Kompetensi Dasar (KD) tidak dibatasi oleh rumusan Kompetensi Isi (KI), tetapi disesuaikan dengan dengan karakteristik mata pelajaran, kompetensi, lingkup materi, dan psiko-pedagogi. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Ruang Lingkup Bahasa PrancisSMA/MA meliputi:

  1. Memperkenalkan diri
  2. Mendeskripsikan orang dan benda
  3. Memberi pujian
  4. Memberi ucapan selamat
  5. Memberi saran
  6. Meminta seseorang melakukan sesuatu
  7. Menunjukkan arah/letak
  8. Mengundang, menerima undangan, menolak undangan
  9. Menyatakan keinginan
  10. Menceritakan kejadian saat ini

Menceritakan kejadian yang telah terjadi

  1. Menceritakan cita-cita atau keinginan yang akan datang
  2. Mengenal macam-macam teks (deskriptif, naratif, prosedural)
  3. Mengenal beragam teks sastra (puisi, lirik lagu, fabel/cerita rakyat,dll)

Pembelajaran dan Penilaian

Pembelajaran bahasa Prancis di sekolah dilakukan menggunakan pendekatan saintifik yang mengutamakan keaktifan peserta didik sebagai pusat kegiatan pembelajaran dalam mempelajarinya diri sendiri dan alam sekitar.silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 bahasa prancis peminatan pendekatan saintifik ini dapat dilakukan antara lain dengan Genre-based Learning atau dengan model pembelajaran lain yang sesuai. Dengan demikian pembelajaran bahasa Prancis memberi penekanan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Model pembelajaran bahasa Prancisyang dapat diterapkan sesuai dengan pendekatan Kurikulum 2013 misalnya; Discovery Learning, Problem Based Learning, Inquiry Learning,Project Based Learning. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran bahasa Prancis pada era abad 21 merupakan suatu keniscayaan. Peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran bahasa Prancis harus mampu memanfaatkan teknologi informasi yang relevan dalam lingkup pendidikan bahasa Prancis dalam merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan dan supervisi serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praksis pendidikan bahasa Prancis. Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran bahasa Prancis mencakup penilaian sikap, pengetahuan serta keterampilan. Penilaian sikap dapat dilakukan dengan cara observasi.Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan tes tertulis (baik pada tataran kosakata, tata bahasa, maupun struktur teks), misalnya meminta peserta didik menjawab pertanyaan guru setelah membaca teks tulis.Penilaian keterampilan berbahasa dapat dilakukan secara tertulis atau dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memperlihatkan hasil, misalnya meminta peserta membuat karangan sebanyak 50 kata.

Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik

Kegiatan pembelajaran pada silabus ini dapat disesuaikan dan diperkaya dengan konteks daerah atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar pada peserta didik terhadap Kompetensi Dasar. Kontekstualisasi pembelajaran tersebut agar peserta didik tetap berada pada budayanya, mengenal dan mencintai alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.   silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 bahasa prancis peminatan Sejalan dengan karakteristik pendidikan abad 21 yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2103 juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sumber belajar. Pemanfaatan TIK mendorong peserta didik dalam mengembangkan kreativitas dan berinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia memanfaatkan berbagai sumber belajar seperti buku teks yang tersedia dalam bentuk buku guru dan buku siswa. Sesuai dengan Karakteristik Kurikulum 2013, buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Guru dapat menggunakan buku pengayaan atau referensi lainnya dan mengembangkan bahan ajar sendiri seperti LKS (Lembar Kerja Siswa). Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, LKS bukan hanya kumpulan soal.

 

Untuk mengunduh Silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 Bahasa Prancis Peminatan untuk sma/SMA/MA/SMK/MAK (silahkan klik download)

Baca Juga Silabus sma kurikulum 2013 revisi 2016 mata pelajaran yang lain

 

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *