Silabus RPP Mata Pelajaran PAI SMP VI VII IX Semester 1-2

Silabus RPP Mata Pelajaran PAI SMP
Silabus RPP Mata Pelajaran PAI SMP

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih materi Silabus RPP Mata Pelajaran PAI SMP.

RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh Silabus RPP Mata Pelajaran PAI SMP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.

Sebelum melakukan proses belajar mengajar di kelas, hendaknya semua yang diperlukan demi kelancaran proses belajar mengajar (PBM) sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya Silabus RPP Mata Pelajaran PAI SMP. Perangkat mengajar yang biasa dipersiapkan meliputi RPP, Silabus, Prota, Promes, KKM, SK-KD, dan Pemetaan. Tak terkecuali pelajaran Pendidikan Agama Islam, semua dipersiapkan dengan sebaik-baiknya seperti pelajaran yang lainnya.

Baca Juga :Silabus RPP Mapel Prakarya SMP VII Sem 1-2 Kurikulum 2013

Namun untuk membuat perangkat pembelajaran sebanyak itu bukanlah pekerjaan yang mudah, mungkin bagi sebagian orang membuat perangkat pembelajaran semacam itu adalah pekerjaan yang enteng. Tapi bagi saya sendiri untuk membuat perangkat pembelajaran semua harus menggunakan rujukan yang jelas. Tanpa ada rujukan yang jelas kiranya sulit untuk melaksanakannya.

Prosedur pembuatan perangkat pembelajaran antara lain:

  1. Pembuatan silabus : sebuah rencana pembelajaran dalam suatu kelompok mata pelajaran dengan tema yang ditentukan. Silabus juga di sesuaikan dengan keadaan di setiap daerah masing – masing.
  2. Pembuatan program tahunan : yaitu sebuah program yang direncanakan untuk proses pembelajaran.
  3. Pembuatan program semester : Yaitu program yang disesuaikan dengan kalender pendidikan, agar dapat mengetahui kapan saat libur dan kapan saat mengajar.
  4. Pembuatan kalender pendidikan : dalam kalender ini memuat tanggal – tanggal yang sudah dirancang untuk proses pembelajaran meliputi ujian tengah semester maupun tanggal ujian semester beserta hari libur. Dalam kalender pendidikan ini juga dapat digunakan sebagai pedoman untuk menentukan awal dan akhir dalam satu semester.
  5. Presensi peserta didik atau siswa : Guru mengisi presensi yang sudah diberi dari pihak sekolah, dengan tanda centang atau titik pada kolom yang disediakan.
  6. Membuat catatan hambatan belajar untuk siswa : catatan ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar seorang siswa yang terhambat pada saat guru menerangkan di kelas yang dikarenakan siswa sibuk berbicara dengan teman maupun siswa yang tidur di kelas.
  7. Membuat kisi – kisi soal : Di buat sebelum menyusun sebuah soal sehingga pada saat menyusun soal dapat lebih maksimal karena sesuai dengan standar suatu kompetensi yang ingin dicapai. Biasanya seorang guru juga memberikan kisi – kisi soal kepada para siswa sebelum melakukan sebuah ujian.

Fungsi Perangkat pembelajaran bagi guru adalah:

  1. Perangkat mengajar menjadi bukti bahwa guru telah siap mengajar. 2.Pertanggungjawaban ilmiah tugas guru dalam pembelajaran
  2. Bukti fisik kegiatan guru untuk keperluan naik pangkat/golongan, program sertifikasi guru dan keperluan lainnya.
  3. Sebagai panduan oleh guru dalam menjalankan kegiatan pembelajaran.

Silabus RPP Mata Pelajaran PAI SMP

Berikut ini adalah Perangkat pembelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk SMP kelas VII, VIII, IX semester 1 dan 2. Selengkapnya dapat anda download melalui tautan di bawah ini:

Download RPP Mapel PAI SMP Kelas VII, VIII, IX Semestar 1-2

Download Silabus Mapel PAI Kelas VII, VIII, IX, Semester 1-2

Download SK KD Mapel PAI SMP Kelas VII, VIII, IX Semester 1-2

Download KKM Mapel PAI Kelas VII, VIII, IX Semester 1-2

Download Pemetaan PAI SMP Kelas VII, VIII, IX Semester 1-2

Download PROMES PAI SMP Kelas VII, VIII, IX Semester 1-2

Download PROTA PAI SMP Kelas VII, VIII, IX Semester 1-2

Baca Juga : Silabus Untuk Mata Pembelajaran PAI Bahasa Arab Madrasah

Postingan Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*