Kisi kisi Materi PLPG 2016 Untuk Mata Pelajaran PPKn

Kisi kisi Materi PLPG 2016 Untuk Mata Pelajaran PPKn

Kisi kisi ini untuk materi plpg guru mata pelajaran ppkn berikut beberapa Standar Kompetensi Guru (SKG). Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosialemosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya. materi plpg ppkn.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran mata pelajaran PPKn. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Mengidentifikasi prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik dalam mata pelajaran PPKn

 

Melakukan tindakan reflektif untukpeningkatan kualitas pembelajaran. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Mengidentifikasi masalah pembelajaran PPKn dan penyebabnya. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Pendidikan Kewarganegaraan). Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Mengidentifikasi ruang lingkup keilmuan PPKn. Memahami substansi Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), nilai dan sikap kewarganegaraan (civicdisposition), dan ketrampilan kewarganegaraan (civicskills).

 

Menganalisis sikap yang mencerminkan saling menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender. Menganalisis sikap yang mencerminkan pembelaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menjelaskan pentingnya norma bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menjelaskan tata urutan peraturan perundang-undangan yang berlaku sekarang. Menganalisis perbedaan tugas dan wewenang lembaga perwakilan rakyat berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah amandemen. Menganalisis pelaksanaan fungsi lembaga legislative menurut UUD NRI Tahun 1945. Menganalisis penerapan makna pembukaan makna isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menganalisis sikap yang mencerminkan saling menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender. Menjelaskan pentingnya menghormati keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender demi terciptanya kerukunan. Mengajukan solusi untuk memecahkan konflik sosial yang diakibatkan oleh keberagaman di Indonesia. Menganalisis partisipasi masyarakat dalam pemajuan,

penghormatan dan penegakan HAM. Menjelaskan bentuk kedaulatan Negara menurut UUD Negara RI Tahun 1945. Menjelaskan pentingnya hokum bagi kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Untuk Lebih Lengkap KISI-KISI MATERI PLPG MATA PELAJARAN PPKn dapat di unduh disini

.

Postingan Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *