Silabus RPP Mapel Prakarya SMP VII Sem 1-2 Kurikulum 2013

Selengkapnya Download Silabus Dan RPP Mapel Prakarya SMP

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Selengkapnya Download Silabus Dan RPP Mapel Prakarya SMP
Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.:

  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

RPP dan Silabus Prakarya Kewirausahaan SMP kelas VII semester 1-2 adalah perangkat mengajar untuk pelajaran prakarya atau kewirausahaan yang diharapkan setiap Bapak atau Ibu Guru yang mengajar pelajaran prakarya untuk memilikinya. Kegunaan atau fungsi RPP dan Silabus yaitu untuk persiapan materi yang akan di ajarkan di kelas nanti. Membuat perangkat mengajar juga merupakan bukti kesungguhan bagi tenaga pendidik khususnya para guru akan komitmennya sebagai tenaga pengajar di sekolah.

Pemerintah melalui dinas pendidikan telah mewajibkan bagi para tenaga pengajar di sekolah untuk memiliki perangkat mengajar seperti RPP dan Silabus serta perangkat mengajar yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran bagi anak didik agar apa yang menjadi tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif. Di dalam perangkat pembelajaran telah dijabarkan tujuan pendidikan yang akan dicapai, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, dan sistem penilaian yang diterapkan untuk melihat seberapa jauh para peserta didik dapat mengikuti dan menyerap pelajaran yang telah diberikan. Baik tujuan pembelajaran pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Semua lengkap dijabarkan dalam perangkat pembelajaran berupa RPP dan Silabus.

Tujuan pembelajaran prakarya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah untuk menambahkan wawasan dari siswa dalam hal mengasah kekreatifan dan memplajari kerajinan Indonesia. Jika dijabarkan Tujuan pembelajaran prakarya di SMP adalah:

  1. Memfasilitasi peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya berbasis teknologi tepat guna dan seni, baik tradisional maupun modern, serta alami maupun artifisal.
  2. Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis, ergonomis, ekosistem dan teknologis melalui pembelajaran kemampuan mencipta, merekonstruksi dan menyajikan secara oral dan produk karya seni yang teknologis dan ataupun teknologi yang berbasis seni (ergonomis).
  3. Membina pesertadidik yang kritis terhadap kemajuan seni dan teknologis serta mampu memanfaatkan karya kearifan lokal sebagai dasar pengembangan pribadi yang berkarakter Indonesia, cerdas dan humanis.
  4. Melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis, hygienis, tepat-cekat-cepat, ekosistemik dan metakognitif.
  5. Menghasilkan karya jadi maupun apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan, maupun bersifat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal yang mendasarkan pada pemikiran efisiensi berupa ekosistem, dan marketable berupa keindahan dan mass pruction.
Berikut ini adalah contoh RPP dan Silabus Prakarya dan kewirausahaan untuk SMP kelas VII semester 1-2. Selengkapnya dapat anda download melalui tautan di bawah ini.

Postingan Terkait :

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *