RPP Silabus MTs Kelas VII VIII IX Mapel Al-Qur’an Hadits Kurtilas

RPP Silabus MTs Kelas VII VIII IX Mapel Al-Qur'an Hadits Kurtilas
RPP Silabus MTs Kelas VII VIII IX Mapel Al-Qur'an Hadits Kurtilas
Share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dan hadits dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan, berikut ini contoh RPP Silabus MTs Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII, VIII, IX.

Hal ini sejalan dengan misi pendidikan dasar adalah untuk :

  1. Pengembangan potensi dan kapasitas belajar peserta didik, yang menyangkut : rasa ingin tahu, percaya diri, keterampilan berkomunikasi dan kesadaran diri;
  2. Pengembangan kemampuan baca-tulis-hitung dan bernalar, keterampilan hidup, dasar-dasar keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Fondasi bagi pendidikan berikutnya.

Di samping itu, juga mempertimbangkan perkembangan psikologis anak, bahwa tahap perkembangan intelektual anak usia 6–11 tahun adalah operasional konkret (Piaget).

Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar juga merupakan masa social imitation (usia 6 – 9 tahun) atau masa mencontoh, sehingga diperlukan figur yang dapat memberi contoh dan teladan yang baik dari orang-orang sekitarnya (keluarga, guru, dan teman-teman sepermainan), usia 9 – 12 tahun sebagai masa second star of individualisation atau masa individualisasi, dan usia 12–15 tahun merupakan masa social adjustment atau penyesuaian diri secara sosial.

Secara substansial silabus mts mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencintai kitab sucinya, mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an-Hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis di Madrasah Tsanawiyah bertujuan untuk :

  1. Memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca Al-Qur’an dan Hadits;
  2. Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an Hadits melalui keteladanan dan pembiasaan;
  3. Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat Al-Qur’an dan Hadits.

Ruang lingkup mata silabus mts pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah Tsanawiyah meliputi :

  1. Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
  2. Hafalan surah-surah pendek dalam Al-Qur’an dan pemahaman sederhana tentang arti dan makna kandungannya, serta pengamalannya melalui keteladanan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pemahaman dan pengamalan melalui keteladanan dan pembiasaan mengenai hadis-hadis yang berkaitan dengan, kkeutamaaan membaca Al-Qur’an, kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturahmi, takwa, keutamaan member, menyayangi anak yatim, salat berjamaah, ciri-ciri orang munafik, dan amal salih.

RPP dan Silabus MTs Al-Qur’an Hadits ini berisi perangkat mengajar pelajaran Qur’an hadist antara lain RPP, Silabus, SKKL, KKM, Pemetaan, Program Semester (Promes), dan Program tahunan (Prota). RPP dan Silabus MTs ini termasuk versi kurikulum KTSP.

RPP dan silabus kurikulum KTSP ternyata lebih disukai oleh para guru. Hal ini terlihat dari keinginan para bapak dan ibu guru yang masih banyak menginginkan menggunakan kurikulum KTSP karena lebih simpel dan efektif untuk pegangan mengajar di kelas dan pengembangan pembelajaran yang efektif dan efisien. penilaiannya pun lebih mudah, instrumen yang digunakan lebih sedikit sehingga tidak menyita waktu untuk mengisinya.

Manfaat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah  sebagai perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran, antara lain:

  1. Rencana yang mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dlam silabus
  2. Pembelajaran adalah proses yang ditata dan diatur menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan
  3. RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.

Sedang manfaat Silabus mts adalah  menjelaskan secara singkat mengenai materi yang akan dibahas dari setiap mata ajar dan tujuan yang hendak dicapai dari suatu pengajaran, atau tahap belajar-mengajar atau dengan kata lain Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi, Kompetensi dasar dan indikator ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Berikut ini adalah contoh lengkap perangkat mengajar Qur’an Hadist untuk para guru di MTs. Filenya dapat anda unduh melalui tautan di bawah ini.
Perangkat Mengajar Qur’an Hadist MTs Kelas VII KTSP

RPP QUR’AN HADIST MTS KLS VII SEM 1,2
SILABUS QUR’AN HADIST MTS KLS VII SEM 1,2
SKKL QUR’AN HADIST MTS KLS VII SEM 1,2
KKM QUR’AN HADIST MTS KLS VII SEM 1,2
PEMETAAN QUR’AN HADIST MTS KLS VII SEM 1,2
PROMES QUR’AN HADIST MTS KLS VII SEM 1,2
PROTA QUR’AN HADIST MTS KLS VII SEM 1,2

Perangkat Mengajar Qur’an Hadist MTs Kelas VIII KTSP

RPP QUR’AN HADIST MTS KLS VIII SEM 1,2
SILABUS QUR’AN HADIST MTS KLS VIII SEM 1,2
SKKL QUR’AN HADIST MTS KLS VIII SEM 1,2
KKM QUR’AN HADIST MTS KLS VIII SEM 1,2
PEMETAAN QUR’AN HADIST MTS KLS VIII SEM 1,2
PROMES QUR’AN HADIST MTS KLS VIII SEM 1,2
PROTA QUR’AN HADIST MTS KLS VIII SEM 1,2

Perangkat Mengajar Qur’an Hadist MTs Kelas IX KTSP

RPP QUR’AN HADIST MTS KLS IX SEM 1,2
SILABUS QUR’AN HADIST MTS KLS IX SEM 1,2
SKKL QUR’AN HADIST MTS KLS IX SEM 1,2
KKM QUR’AN HADIST MTS KLS IX SEM 1,2
PEMETAAN QUR’AN HADIST MTS KLS IX SEM 1,2
PROMES QUR’AN HADIST MTS KLS IX SEM 1,2
PROTA QUR’AN HADIST MTS KLS IX SEM 1,2

Postingan Terkait :

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*