Syarat-syarat Bermain dan Permainan Edukatif Anak Usia dini

permainan edukatif anak usia dini

Bermain dapat memberikan manfaat yang maksimal pada anak jika terpenuhi syarat-syaratnya dengan permainan edukatif anak usia dini. Ada 5 syarat bermain dan permainan edukatif untuk anak usia dini yaitu:

Play Time

Anak harus memiliki waktu yang cukup dalam bermain. Masa usia dini merupakan masa bermain, bukan masa anak untuk dipaksa belajar atau bekerja. Saat yang tepat untuk anak bermain dapat disesuaikan dengan jenis permainan. Jika permainan di luar ruangan (gross motor/fungsional play) sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari, agar anak merasa nyaman dengan udara yang sejuk dan tidak panas permainan edukatif anak usia dini.

Play Things

Jenis alat permainan harus disesuaikan dengan usia anak dan taraf perkembangannya. Alat permainan hendaknya memenuhi kriteria;

  • 1) Aman bagi anak
  • 2) Ukuran, bentuk dan warna sesuai usia anak dan taraf perkembangannya,
  • 3) Berfungsi mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak,
  • 4) Dapat dimainkan secara bervariasi/cara
  • 5) Merangsang partisipasi aktif anak, menurut DR. Fitzhugh Dodson – 90 % aktivitas anak dan 10 % aktivitas alat permainan,
  • 6) Sesuai kemampuan anak (tidak terlalu sulit atau terlalu mudah)
  • 7) Menarik dari segi warna dan bentuk atau suara (jika bersuara)
  • 8) Tahan lama/tidak mudah rusak
  • 9) Mudah didapat dan dekat dengan lingkungan anak
  • 10) Diterima oleh semua budaya

Jumlah alat permainan yang digunakan hendaknya cukup, dengan kebutuhan anak, tidak terlalu sedikit atau tidak terlalu banyak.

Play Fellows

Anak harus merasa yakin bahwa ia mempunyai teman bermain jika ia memerlukan. Teman bermain dapat ditentukan anak sendiri, apakah itu orangtua, saudara atau temannya. Jika anak bermain sendiri, maka ia akan kehilangan kesempatan belajar dari teman-temannya. Sebaliknya kalau terlalu banyak bermain dengan anak lain, maka dapat mengakibatkan anak tidak mempunyai kesempatan yang cukup untuk menghibur diri sendiri dan menemukan kebutuhannya sendiri.

Play Space

Untuk bermain perlu disediakan tempat bermain yang cukup untuk anak sehingga anak dapat bergerak dengan bebas. Luas tempat bermain dapat disesuaikan dengan jenis permainan dan jumlah anak yang bermain permainan edukatif anak usia dini.

Play Rules

Anak belajar bermain, melalui mencoba-coba sendiri, meniru teman-temannya atau diberitahu caranya oleh orang lain (guru atau orangtua). Cara yang terakhir adalah yang terbaik, karena anak tidak terbatas pengetahuannya dalam menggunakan alat permainannya dan anak akan mendapat keuntungan lebih banyak lagi. Jadi permainan yang baik adalah permainan yang ada cara/aturan bermainnya.

Baca Juga : Implementasi Permainan Pada Proses Pembelajaran

Postingan Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *