Penyusunan Program Semester PAUD

penyusunan program semester

Penyusunan program semester PAUD merupakan perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema, serta kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu setiap tema.

Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester Penyusunan program semester dilakukan dengan langkah berikut.

  1. Membuat daftar tema satu semester. Pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
  2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan sub-subtema memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar pendukung. Pengembangan tema dapat dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
  3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, subtema dan atau sub-subtema. Waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber/media yang tersedia.
  4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), fi sik-motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem), bahasa, dan seni.
  5. KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
  6. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.T
  7. Tema/subtema/sub-subtema yang sudah ditentukan di awal dapat berubah bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus mengubah KD yang sudah ditetapkan.

Dalam menentukan KD pada setiap tema mencakup enam program pengembangan (nilai agama dan moral, motorik, kognitif, social emosional, bahasa, dan seni).

penyusunan program semester
penyusunan program semester

Dalam menyusun perencanaan program semester, lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format. Untuk menentukan materi pembelajaran yang akan digunakan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Satuan PAUD harus menyusun cakupan materi pembelajaran setiap KD yang akan disampaikan kepada anak selama setahun melalui kegiatan bermain. Cara menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran dapat dilihat di Pedoman Penyusunan KTSP.

 

Contoh Program Pengembangan dan Muatan Pembelajaran

Berikut adalah contoh program pengembangan dan muatan/materi pembelajaran kurikulum PAUD “TK Kenanga” seperti yang tertuang dalam Dokumen I (KTSP).

penyusunan program semester
penyusunan program semester
penyusunan program semester
penyusunan program semester

Postingan Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *