Pentingnya memahami Psikologi Pendidikan bagi Guru

pentingnya-memahami-psikologi-pendidikan

Pentingnya memahami Psikologi Pendidikan bagi Guru – Peserta didik merupakan individu yang tumbuh dan berkembang bersama dengan lingkungan dimana ia bersosialisasi, salah satunya adalah lingkungan sekolah. Tugas dan peran pendidik, di samping melaksanakan pembelajaran, juga diharapkan dapat membimbing para siswanya. Dengan memahami psikologi pendidikan, tentunya diharapkan pendidik dapat memberikan bantuan psikologis secara tepat dan benar, melalui proses hubungan interpersonal yang penuh kehangatan dan keakraban. Budi Wahyono dalam Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Guru dan Calon Guru, menyatakan Pemahaman tentang psikologi pendidikan menjadi penting bagi guru dikarenakan :

 a. Pemahaman terhadap perbedaan secara individu peserta didik

 Seorang guru harus berhadapan dengan sekelompok siswa di dalam kelas dengan hati-hati, karena karakteristik masing-masing siswa bebeda-beda. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami perbedaan karakteristik siswa tersebut pada berbagai tingkat pertumbuhan dan perkembangan guna menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

 b. Penciptaan Iklim Belajar Yang Kondusif Di DalamKelas

 Pemahaman yang baik tentang ruang kelas yang digunakan dalam proses pembelajaran sangat membantu guru untuk menyampaikan materi kepada siswa secara efektif. Iklim pembelajaran yang kondusif harus bisa diciptakan oleh guru sehingga proses belajar mengajar bisa belajar efektif. Seorang guru harus mengetahui prinsip-prinsip yang tepat dalam proses blajar mengajar. Psikologi pendidikan berperan dalam membantu gur agar dapat menciptakan iklim sosio-emosional yang kondusif di dalam kelas, sehingga proses pembelajaran di dalam kelas bisa berjalan efektif.

c. Pemilihan Strategi dan Metode Pembelajaran

 Metode pembelajaran didasarkan pada karakteristik perkembangan siswa. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dalam menentukan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, dan mapu mengaitkannya dengan karakteristik dan keunikan individu, jenis belajrar dan gaya belajar dan tingkat perkembangan yang sedang dialami peseta didik. Pentingnya memahami Psikologi Pendidikan

d. Memberikan Bimbingan Pada Pesera Didik

 Seorang guru harus memainkan peran yang berbeda di sekolah, tidak hanya dalam pelaksanaan pembelajaran, tatapi juga berperan sebagai pembimbing bagi pesertadidik. Bimbingan adalah jenis bantuan kepada siswa untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Pengetahuan tenyang psikologi pendidikan memungkinkan guru untuk memberikan bimbingan pendidikan dan kejuruan yag diperlukan untuk siswa pada tingkat usia yang berbeda.

e. Mengevaluasi Hasil Pembelajaran

 Guru harus melakukan dua kegiatan penting di dalam kelas seperti mengajar dan evaluasi. Kegiatan evaluasi membantu dalam mengukur hasil belajr siswa. Psikologi pendidikan dapat membantu guru dan calon guru dalam mengembangkan evaluasi, penemuan prinsip-prinsip evaluasi maupun menenukan hasil-hasil evaluasi. Pentingnya memahami Psikologi Pendidikan

Postingan Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *