Pengertian Sumber Belajar Menurut Para Ahli Pendidikan

Aplikasi Uji Coba Ujian Berbasis Komputer UBK 2016-2017

Menurut Sanjaya (2010: 228) Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada disekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi disini tidak hanya berupa hasil belajar namun ditinjau juga dari proses interaksi siswa dengan berbgai macam sumber yang dapat merangsang siswa dengan berbagai macam sumber yang dapat merangsang siswa untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajarinya.

Jadi sumber belajar adalah seluruh sumber atau bahan materi atau pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah dan membantu, secara optimal pada peserta didik dalam rangka meningkatkankan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.

Belajar menurut behaviourisme, kognitivisme, dan konstruktivisme,dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan usaha sadar yang dilakukan secara terencana, sistematis, dan menggunakan metode tertentu untuk mengubah perilaku relatif menetap melalui interaksi dengan sumber belajar. Dengan demikian, sumber belajar merupakan sumber belajar salah satu komponen dalam kegiatan belajar yang memungkinkan individu memperoleh pengetahuan, belajar memberikan pengalaman belajar dan tanpa sumber belajar maka tidak mungkin dapat terlaksana proses belajar dengan baik. (Sitepu, 2014: 18)

Sumber belajar dalam pendidikan dan pelatihan, Percival dan Ellington (1988) dalam kutipan buku Sitepu berpendapat bahwa sumber belajar yang dipakai dalam pendidikan dan pelatihan adalah sebuah sistem yang terdiri atas sekumpulan bahan atau situasi yang di ciptakan dengan sengaja individual. Sumber belajar inilah yang disebut media pendidikan atau media instruksional.

Percival dan Ellington menyebutkan bahwa situasi pun seperti simulasi atau bermain peran dapat dijadikan sebagi sumber belajar.

Sumber belajar, baik itu sumber belajar yang dirancang (by design) maupun sumber belajar karena dimanfaatkan (by utilization) oleh AECT dikelompokkan secara lebih rinci menjadi:

1) Pesan : Informasi yang akan disampaikan oleh komponen lain, dapat berbentuk ide, fakta, makna dan data.

2) Orang : Orang-orang yang bertindak sebagai penyimpanan dan atau menyalurkan pesan.

3) Bahan : Barang-barang (lazim disebut perangkat lunak/software) yang biasanya berisikan pesan untuk disampaikan dengan menggunakan

peralatan, kadang-kadang bahan itu sendiri sudah merupakan bentuk penyajian.

4) Peralatan : Barang-barang (lazim disebut perangkat keras/ hardware) digunakan untuk menyampaikan pesan yang terdapat pada bahan.

5) Teknik : Prosuder atau langkah-langkah tertentu dalam menggunakan bahan, alat, tata tempat untuk menyampaikan pesan.

6) Latar : Lingkungan dimana proses diterima oleh mahasiswa/siswa.

Baca Juga : Pengertian Kreativitas Belajar Menurut Para Ahli

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *