Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga (Parenting)

Pendidikan PAUD Berbasis Parenting
Pendidikan PAUD Berbasis Parenting
Share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

Anak adalah amanah dari Yang Maha Kuasa, oleh karena itu orang tua wajib untuk merawat, mengasuh dan mendidiknya dengan baik agar mereka tumbuh menjadi manusia yang seutuhnya. Manusia yang seutuhnya adalah manusia yang berkembanga secara optimal segenap potensi yang dimilikinya. Anak dilahirkan dalam keadaan suci (fitrah), seperti kertas putuh yang suci dan bersih, akan tetapi sejumlah potensi telah disiapkan dalam diri anak yang harus menjadi tanggung jawab orang tua, masyarakat dan bangsa. Adanya Basis pendidikan paud berbasis parenting diharapkan anak dapat berkembang sesuai dengan karakter lingkungan keluarga terbiasa dengan keadaan yang menyenangkan di lingkungan keluarga dan mewujudkan kebahagiaan untuk anak usia dini.

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan negara. Keluarga adalah tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak, mereka berada dalam keluarga sejak dalam kandungan sampai menjelang pernikahan. Oleh karena itu peranan keluarga sangat penting dalam perjalanan seorang anak adanya pendidikan paud berbasis parenting diharapkan dapat memaksimalkan pendidikan anak usia dini. Dalam pedoman penyelenggaraan parenting Kemdikbud 2012, dinyatakan sebagai berikut:

Keluarga sebagai lembaga pendidikan informal dilindungi dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Menurut Ki Hadjar Dewantara, “Keluarga adalah Lingkungan Pendidikan yang Pertama dan Utama”. Dengan demikian, peran keluarga dalam hal pendidikan bagi anak, tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah dididik di lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Untuk itu, keluarga harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan dan perlindungan.

Keterlibatan orang tua sangat penting terutama dalam pendidikan anak usia dini, oleh karena itu kerjasama kemitraan anatara orang tua dan lembaga pendidikan anak usia dini merupakan suatu hal yang mutlak dengan pendidikan paud berbasis parenting, demi mengoptimalkan perkembangan anak secara utuh dan menyeluruh, sehingga mereka menjadi insan yang cerdas, tangguh, dan berkarakter unggul. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah pendidikan anak usia dini berbasis parenting, dimana orang tua dituntut untuk aktif menjalin kerja sama dengan sekolah demi tercapainya pendidikan anak-anak tercinta secara optimal. Demikian juga sebaliknya sekolah dalam hal ini lembaga pendidikan anak usia dini (TK) hendaknya menyediakan kegiatan yang secara khusus untuk menjalin kerjasama dengan orang tua. Kegiatan tersebut dapat berupa program “ko parenting”, yaitu kegiatan kemitraan antara orang tua dan sekolah sebagai sarana untuk menginformasikan berbagai kegiatan di sekolah dan kemungkinan usaha-usaha yang dapat dilakukan orang tua dalam mendukung pengembangan potensi anak-anak tercinta secara optimal.

Dalam pedoman pendidikan anak usia dini berbasis keluarga yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2012, dinyatakan bahwa :

Keselarasan pendidikan yang dilaksanakan di lembaga PAUD dan di rumah diakui oleh para ahli pendidikan sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan anak secara menyeluruh. Oleh karena itu penting kiranya lembaga PAUD memfasilitasi penyelenggaraan Program PAUD Berbasis Keluarga sebagai upaya keselarasan dan keberlanjutan antara pendidikan yang dilakukan di lembaga dan pendidikan yang dilakukan di rumah.

Setiap anak adalah makhluk sosial. Ketika anak-anak melihat orang tua mereka dan guru saling berbagitentang kemajuan perkembangan mereka, dan perencanaan untuk pengembangan mereka secara bersama-sama, mereka merasakan bahwa mereka dihargai oleh masyarakat dan keluarga dengan pendidikan paud berbasis parenting. Ini memotivasi mereka dalam belajar dan memacu mereka untuk menyadari tujuan dan ambisi mereka sepanjang hidup . Orang tua yang secara teratur diberitahu tentang kemajuan anak-anaknya di sekolah, dan selalu dilibatkan dalam program pengembangan aspek-aspek perkembangan anak-anak mereka di sekolah , mereka akan merasa bahagia dan puas.

Baca Juga : Implementasi Kemitraan Sekolah dan Orang Tua Wali

 

Postingan Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*