Download Buku Pedoman LKS SMK Daring (ONLINE)

Download Buku Pedoman LKS SMK Daring (ONLINE)

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan visinya diharapkan memiliki kemampuan dan kompetensi sesuai bidang keahliannya. Siswa diharapkan menguasai pengetahuan, pemahaman dan penguasaan keahlian, sehingga lulusan SMK memiliki kemampuan handal berstandar nasional maupun internasional. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan tahunan berupa Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) guna mengukur pencapaian kompetensi dan sekaligus dalam upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/dunia industri serta pemangku kepentingan lainnya. materi Pedoman LKS SMK Daring (ONLINE) dapat di download lengkapanya di bawah ini

Pada tahun 2017 ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan LKS SMK Tingkat Nasional ke 25 pada tanggal 14 s.d. 20 Mei 2017 di Surakarta, Jawa Tengah. Bidang kompetensi yang akan dilombakan sebanyak 53 jenis bidang lomba. Selain lomba, juga diselenggarakan kegiatan pendukung lainnya seperti pameran produk inovasi unggulan hasil karya siswa SMK, seminar, pelatihan, gerakan literasi sekolah (GLS), one school one province (OSOP) dll.

Penyelenggaraan LKS SMK melibatkan peran serta SMK di Surakarta dan kabupaten/kota di sekitarnya, sebagainpengampu atau penanggungjawab bidang lomba yang bertugas menyiapkan materi berupa peralatan, bahan, kelengkapan lomba, serta teknisi.

Selain itu, peran serta dari kalangan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) juga dioptimalkan antara lain sebagai sponsorship, narasumber, pelatih, juri.

Agar pelaksanaan LKS SMK dan pameran produk inovasi unggulan hasil karya siswa SMK serta kegiatan pendukung lainnya berjalan dengan baik, maka kami menerbitkan “Pedoman LKS SMK Tingkat Nasional ke 25 Tahun 2017”. Pedoman ini dirancang untuk membantu semua pihak yang berpartisipasi dalam pelaksanaan LKS SMK sehingga semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam kegiatan LKS mengetahui dengan baik seluruh informasi terkait pelaksanaan LKS.

Penyelenggaraan pendidikan di SMK harus membekali peserta didik dengan kemampuan generic yang harus dimiliki oleh setiap lulusan yaitu kecakapan softskill , agar lulusan SMK memiliki karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, reatif dan berjiwa wirausaha.

Berbagai kompetensi keahlian bagi lulusan SMK di atas, akan diuji melalui kegiatan LKS Siswa SMK. Melalui kegiatan tersebut, peserta dituntut untuk piawai mengerjakan karya sesuai dengan keahliannya. Selanjutnya dari ajang ini, akan dihasilkan para jawara

LKS yang diharapkan akan berkiprah dalam World Skills Competition (WSC) sehingga mampu memajukan citrantenaga kerja Indonesia. Tahun 2019, Indonesia akan mengikuti kegiatan WSC yang merupakan agenda 2 tahunan kompetisi tingkat dunia yang akan diikuti oleh negara-negara anggota sebanyak 76 negara yang ada diseluruh belahan dunia. Delegasi Indonesia pada ajang WSC tahun 2017 akan mengikuti 29 bidang lomba yang akan diselenggarakan di Abu Dhabi. Kegiatan LKS juga memberikan peluang kepada dunia usaha dan industri untuk berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan LKS SMK.

Untuk informasi mengenai LKS DARING (ONLINE) ada di BAB III

Materi Lebih Lengkap Silahkan unduh disini

Baca : Download Kisi-Kisi Soal LKS Untuk Menyambut LKS SMK 2017

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *