Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan 2016

muhadjir effendy

Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan 2016,  Prof. Dr. Muhajir Effendy, Drs., M.AP (lahir di Madiun, Jawa Timur, 29 Juli 1956; umur 60 tahun) adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja yang menjabat sejak 27 Juli 2016 menggantikan Anies Baswedan. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tiga periode yaitu tahun 2000–2016. Selain itu Muhadjir adalah Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla kembali menggelar perombakan kabinet. Salah seorang dipercaya keduanya mengisi jabatan menteri adalah Muhadjir Effendy. Dia menggantikan posisi Anies Baswedan sebagai menteri pendidikan.

Muhadjir Effendy merupakan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sekaligus sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Jabatan Rektor UMM dijabat sejak 2000 dan meninggalkan jabatannya sekitar enam bulan lalu.

Dia juga tercatat sebagai Guru Besar Sosiologi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Pendidikan S3 ditempuh di Universitas Airlangga, Surabaya dengan disertasi ‘Pemahaman Tentang Profesionalisme Militer di tingkat Elit TNI-AD’. Karena itu, di kalangan akademisi Muhadjir juga dikenal sebagai pengamat militer.

Sementara pendidikan S2, Magister Adminisitrasi Publik (MAP) ditempuh di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sedangkan Pendidikan S-1 ditempuh di Universitas Negeri Malang, di mana sebelumnya menyelesaikan Sarjana Muda di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Malang (Sekarang Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Muhadjir Effendy juga pernah menempuh pendidikan Short Course, Regional Security and Defence Policy, National Defence University, Washington D.C., USA, 1993. Kemudian Short Course, Management for Higher Education, Victoria University, British Columbia, Canada, 1991.

Sebelum menjadi rektor Muhadjir pernah menjadi Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Pembantu Rektor III/ Bidang Kemahasiswaan UMM dan Sekretaris PR III / Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BKK) di Universitas Negeri Malang (IKIP Malang).

Muhadjir Effendy juga memiliki catatan pengalaman organisasi. Dia menjabat Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS), Anggota Kelompok Kerja Dewan Research Daerah (DRD) Jawa Timur, Anggota Tim Penyusun Visi Indonesia Berkemajuan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Wakil Ketua Pengurus Pusat Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS).

Muhadjir Effendy juga aktif di Indonesian Association For The Advancement Of Social Sciences tahun 2013 sampai 2017, menjabat Ketua Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PKB-PII) Jawa Timur, Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jawa Timur.

Semasa muda, dia juga pernah aktif sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Malang, Ketua Bidang Pendidikan KNPI Kodya Malang dan Ketua Pelajar Islam Indonesia (PII) Daerah Malang.

Muhadjir Effendy juga dikenal aktif menulis, di antaranya: Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, Menata Kualitas Pendidikan Muhammadiyah, Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia, Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah: Di Tengah Persaingan Nasional dan Global, Jati Diri dan Profesi TNI: Studi Fenomenologi, serta
Profesionalisme Militer: Profesionalisasi TNI, Pedagogi Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Multidimensional dan lain-lain.

Muhadjir Effendy lahir di Madiun, 29 Juli 1956. Pernikahannnya dengan Suryan Widati dikaruniai tiga anak, yakni Muktam Roya Azidan (11), Senoshaumi Hably (10) dan Harbantyo Ken Najjar (4).  (merdeka.com)

Muhadjir Effendy menempuh pendidikan sarjana muda di IAIN Malang, kemudian meraih gelar sarjana di IKIP Negeri Malang (saat ini menjadi Universitas Negeri Malang). Ia lalu menempuh pendidikan pascasarjana Universitas Gadjah Mada dengan gelar Magister Administrasi Publik (MAP) pada tahun 1996. Kemudian pada 2008, Muhadjir berhasil menyelesaikan pendidikan strata tiga bidang sosiologi militer di Program Doktor Universitas Airlangga. Selain itu dia juga beberapa kali mengikuti kursus di luar negeri antara lain di National Defence University, Washington, D.C. pada tahun 1993, dan di Victoria University, British Columbia, Kanada pada tahun 1991. Muhadjir saat ini tercatat sebagai Guru Besar Sosiologi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Selain itu, ia juga membantu Universitas Muhammadiyah Malang.

Sejak 2015, Muhadjir Effendy menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015 sampai 2020. Muhadjir pernah mendapatkan tanda jasa yaitu Satayalencana Karya Satya XX pada 2010. Ia menduduki jabatan sebagai rektor di UMM sebanyak tiga kali. Muhadjir menjabat sebagai rektor pada periode 2000–2004, 2004–2008, dan periode 2008–Februari 2016. Selain itu, Muhadjir juga aktif menulis sejumlah buku di antaranya Bala Dewa, Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, dan juga Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia. Semasa muda, Muhadjir aktif sebagai wartawan kampus hingga mendirikan surat kabar kampus UMM, BESTARI pada 1986. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Malang Raya, dan juga merupakan penulis artikel lepas di beberapa media massa nasional.

sumber :   wikipedia

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *