Modul Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Halaman 2

Modul Hakikat Pembelajaran IPS

Modul Hakikat Pembelajaran IPS

Pendapat lain mengatakan bahwa tujuan mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial ialah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat. Modul hakikat pembelajaran ips dengan tujuan tersebut dapat dicapai manakala program program pelajaran IPS di sekolah diorganisasikan secara baik.

Dari rumusan tujuan tersebut dapat dirinci sebagai berikut

  1. Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
  2. Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
  3. Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
  4. Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
  5. Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.

Modul Hakikat Pembelajaran IPS juga diarahkan agar peserta didik memiliki kemampuan untuk:

  1. Menghayati dan mengakui nilai-nilai Pancasila
  2. Mengakui dan menghormati harkat manusia
  3. Menghayati dan mengakui nilai/ajaran agamanya
  4. Memupuk sikap toleran, arif, peduli, saling mengharagai
  5. Menghormati perbedaan dan mengembangkan kebersamaan
  6. Bersikap positif kepada bangsa dan negara serta kemauan untuk membelanya
  7. Menghormati milik orang lain dan milik negara
  8. Terbuka terhadap perubahan atas dasar nilai dan norma yang dimilikinya
  9. Menghayati dan mematuhi norma-norma dalam masyarakat
  10. Menyadari sebagai makhluk sosial ciptaan Allah

3. Fungsi Ilmu Pengetahuan Sosial (Modul Hakikat Pembelajaran IPS)

Modul Hakikat Pembelajaran IPS sangat penting bagi jenjang pendidikan dasar dan menengah karena peserta didik yang datang ke sekolah berasal dari lingkungan masingmasing yang mempunyai masalah-masalah sosial yang berbeda-beda. Sesuai dengan tingkat perkembangannya, peserta didik Sekolah Dasar belum mampu memahami keluasan dan kedalaman masalah-masalah sosial secara utuh, tetapi mereka dapat diperkenalkan kepada masalah-masalah tersebut melalui modul hakikat pengajaran IPS.

Fungsi ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar adalah agar anakanak memiliki hal-hal sebagai berikut:

  1. agar peserta didik dapat mensistematisasikan bahan, informasi dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang manusia dan lingkungannya menjadi lebih bermakna;
  2. agar peserta didik dapat lebih peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial secara rasional dan bertanggung jawab agar peserta didik dapat mempertinggi rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan antar manusia.

Baca Juga : Modul Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Halaman 3

 

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *