Modul Guru Pembelajar Sekolah Dasar PJOK

Modul Guru Pembelajar Sekolah Dasar PJOK

Modul Guru Pembelajar  untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Modul ini berisi tentang analisis materi pembelajaran dan bekal ajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik sebagai dasar dalam mengelompokkan dan memilih materi ajar yang sesuai jangan lupa untuk Download Modul Guru Pembelajar Sekolah Dasar PJOK

  1. Pendidikan Jasmani
    Aktivitas jasmani yang dipilih untuk mencapai kompetensi dalam pendidikan jasmani adalah melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang dipilih dan disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai kebutuhan, kapabilitas dan karakteristik peserta didik. Aktivitas jasmani yang wajar, aktivitas jasmani untuk rekreasi dan aktivitas jasmani untuk olahraga atau prestasi. Kegiatan yang dipilih dipusatkan pada aktivitas jasmani yang dapat mengaktifkan otot besar, gerak dasar dan gerakan fisik pada permainan dan olahraga.
  2. Olahraga
    Olahraga adalah aktivitas jasmani yang dilakukan dengan tujuan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot-otot tubuh. Kegiatan ini dapat dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi.
  3. Kesehatan
    Kesehatan dikaitkan dengan upaya penjagaan kesehatan diri dan lingkungan yang sesuai dengan tujuan, kapabilitas, dan karakteristik peserta didik. Pendidikan kesehatan meliputi usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. Kesehatan dicapai melalui aktifias jasmani dan aktivitas penjagaan kesehatan jasmani lainnya.Pendidikan Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas olahraga dan pengenalan penjagaan kesehatan. Sehingga, dalam pembelajaran, olahraga dan kesehatan adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan jasmani.  Modul Guru Pembelajar Sekolah Dasar PJOK bukan pembelajaran olahraga, dan bukan juga tentang kesehatan.Tetapi sebagai bagian dari pendidikan jasmani. Jika selama ini guru lebih banyak mengajarkan olahraga, bukan pendidikan jasmani, maka kesalahan ini harus diperbaiki. Pendidikan jasmani adalah dasar bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan gerak dasar yang akan menjadikan mereka memiliki keterampilan gerak yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, serta membiasakan gaya hidup aktif dan sehat untuk jangka panjang. Selanjutnya, dasar gerak dan keterampilan gerak dalam olahraga yang diberikan dalam pembelajaran Modul Guru Pembelajar Sekolah Dasar PJOK akan memberikan manfaat kepada peserta didik, untuk mahir melakukan kegiatan olahraga yang disukainya. Pendidikan jasmani menjadi pembelajaran bagi peserta didik untuk memiliki gaya hidup sehat dan aktif.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta diklat untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta diklat dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta diklat (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta diklat untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.
Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam diklat pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Modul Guru Pembelajar Sekolah Dasar PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG).

Silakan Download Sepuluh (10) Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Sekolah Dasar Lengkap Materi Kelompok Kompetensi KK-A sampai KK-J File PDF yang tersimpan di Google Drive melalui link-link di bawah ini:

Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi A)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi B)
Unduh  Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi C)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi D)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi E)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi F)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi G)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi H)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi I)
Unduh Modul Pelatihan Penjasorkes SD (Kelompok Kompetensi J)

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *