Lembar Kerja 2 Guru Pembelajar SD Kelas Awal KK-G

Lembar Kerja 2 Guru Pembelajar SD Kelas Awal KK-G

Lembar Kerja 2 Guru Pembelajar SD Kelas Awal KK-G , Pada Lembar kerja Guru Pembelajar Online (GPO) SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi G (KK-G) terdapat wacana/persoalana sebagai berikut:

Pancasila harus dicamkan yang artinya harus dipahami, dimengerti, dihayati kemudian diamalkan. Nilai-nilai Pancasila harus diwujudkan dalam kehidupan konkrit. Harus membumi nilai ideal Pancasila (das sollen) harus dipraktekkan dalam kehidupan nyata (das sein).

Oleh karena itu diperlukan “tekad” komitmen perjuangan keras dan sungguh-sungguh, jika tidak hanya menjadi “penghias” bibir tanpa makna tanpa daya guna. Nilai-nilai Pancasila yang benar, baik, indah dan religius sudah seharusnya mempraktekkan. Bahkan sebenarnya berpancasila secara kultural “mengingatkan” kita semua bahwa kita tahu memiliki sistem nilai. Bangsa Indonesia mau dan mampu menerapkan dalam dunia nyata. Dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, juga dalam pergaulan hidup antar pribadi sehari-hari di lingkungan sekolah dan keluarga. Lembar Kerja 2 Guru Pembelajar SD Kelas Awal KK-G

Lakukan observasi di  keluarga dan di sekolah!
Diskripsikan tentang Lembar Kerja 2 Guru Pembelajar SD Kelas Awal KK-G

  1. Gambar tangan saling terkait menggambarkan sebuah makna. Deskripsikan, korelasikan dengan kehidupan sehari-hari di keluarga, di masyarakat dan di sekolah.!
  2. Pengenalan sekolah (guru, peserta didik) tentang bertutur kata, bersikap, dan berperilaku yang sesuai dengan nilai sila-sila Pancasila
  3. Pengenalan keluarga (orang tua, anak) tentang bertutur kata, bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan nilai dalam sila-sila Pancasila!
Jawaban Lembar Kerja 2 Guru Pembelajar SD Kelas Awal KK-G
1. Gambar tangan saling terkait memiliki arti sebagai sebuah kesatuan yang membentuk kekuatan, dan tidak dapat dipisahkan. Dengan keterkaitan tersebut diharapkan dapat menghasilkan power yang lebih besar, sehinggan mampu untuk menghadapi dan menyelesaikan berbagai persoalna yang timbul.
Makna tangan yang saling terkait jika dikorelasikan dengan kehidupan sehari hari baik itu dalam keluarga, di masyarakat dan di sekolah menggambarkan suatu kesatuan yang berasal dari berbagai elemen berbeda namun tetap saling menunjang satu sama lain, sehingga menciptakan sebuah pertahanan dan kekuatan baru.
2. Contoh tutur kata, sikap, dan perilaku yang sesuai dengan nilai sila-sila Pancasila yang dilakukan guru dan siswa disekolah antara lain:
-Menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomunikasi di sekolah.
-Menjaga diri untuk tidak berprilaku yang menyimpang dari ajaran agama.
-Saling menghormati dan menghargai/bertoleransi antara pemeluk agama berbeda di sekolah.
-Berani membela kebenaran dan keadilan.
-Menyayangi sesama guru dan teman di sekolah.
-Menghargai pendapat orang lain
-Tidak memaksakan kehendak orang lain.
-Bersikap adil sesama teman di sekolah
-Saling menolong
3. Contoh tutur kata, sikap, dan perilaku yang sesuai dengan nilai sila-sila Pancasila yang dilakukan orang tua dan anak di lingkungan keluarga antara lain:
-Menggunakan bahasa yang sopan dan santun dalam berkomuikasi dalam keluarga
-Saling mengingatkan dan mengajak untuk beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut keluarga.
-Tidak semena mena terhadap yang lebih kecil (adik)
-Saling mencintai dan menyayangi sesama angota keluarga.
-Bermusyawarah dalam keluarga
-Menghormati setiap pendapat anggota keluarga.
-Saling menolong antar anggota keluarga
-Bersikap adil terhadap semua anggota keluarga
Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan, semoga membantu, salam sukses buat para pembelajar GPO, semoga menjadi pendidik yang berkualitas. Lembar Kerja 2 Guru Pembelajar SD Kelas Awal KK-G

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *