KKF Kelas Atas GP Moda Daring Definisi Pahlawan dan Contoh

KKF Kelas Atas GP Moda Daring Definisi Pahlawan dan Contohnya

“Pahlawan” adalah sebuah kata benda. Secara etimologi kata “pahlawan” berasal dari bahasa Sanskerta “phala”, yang bermakna hasil atau buah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani, materi kkf kelas atas.

Pahlawan adalah seseorang yang berpahala yang perbuatannya berhasil bagi kepentingan orang banyak. Perbuatannya memiliki pengaruh terhadap tingkah laku orang lain, karena dinilai mulia dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat bangsa atau umat manusia.

Dalam bahasa Inggris pahlawan disebut “hero” yang diberi arti satu sosok legendaris dalam mitologi yang dikaruniai kekuatan yang luar biasa, keberanian dan kemampuan, serta diakui sebagai keturunan dewa. Pahlawan adalah sosok yang selalu membela kebenaran dan membela yang lemah.

Dalam cerita perwayangan dikenal tokoh Arjuna dari Pandawa dinilai sebagai pahlawan yang membela kebenaran dari kebatilan. Pahlawan juga dipandang sebagai orang yang dikagumi atas hasil tindakannya, serta sifat mulianya, sehingga diakui sebagai contoh dan tauladan.

Pahlawan sering dikaitkan dengan keberhasilan dalam prestasi gemilang dalam bidang kemiliteran. Pada umumnya pahlawan adalah seseorang yang berbakti kepada masyarakat, negara, bangsa dan atau umat manusia tanpa menyerah dalam mencapai cita-citanya yang mulia, sehingga rela berkorban demi tercapainya tujuan, dengan dilandasi oleh sikap tanpa pamrih pribadi.

Seorang pahlawan bangsa yang dengan sepenuh hati mencintai negara bangsanya sehingga rela berkorban demi kelestarian dan kejayaan bangsa negaranya disebut juga sebagai patriot.

Kategori pahlawan pun ada banyak, tergantung dengan prestasi yang disumbangkannya, seperti pahlawan kemanusiaan, pahlawan nasional, pahlawan perintis kemerdekaan, pahlawan revolusi, pahlawan proklamasi, pahlawan iman, pahlawan tanpa tanda jasa, pahlawan kesiangan, dan sebagainya.

Baca Juga : Forum Sesi 4 KKC Kelas Atas GP Hakikat Pembelajaran IPS

Definisi Pahlawan dan Contohnya

Pahlawan adalah sosok yang bersedia secara sadar berkorban berbagai hal. Pengorbanan yang masuk kategori seorang pahlawan, manakala sikap dan perilaku, subyek yang bersangkutan mampu menembus multidimensi. Jika pengorbanan tersebut secara konsisten dilakukan sepanjang hidupnya, maka ia pantas dianugrahi gelar pahlawan paripurna.

Jenderal TNI, Panglima Besar, Soedirman mengatakan, ‘kalau orang-orang baik, hanya berdiam diri. Berarti membiarkan kejahatan semakin merajalela’. Bung Karno pernah berkata, ‘hanya ada satu negeri, Indonesiaku tercinta. Negeri itu tumbuh karena perbuatan, dan perbuatan itu adalah perbuatanku bangsa Indonesia.”

Soedirman dan Bung Karno pantas diberikan gelar pahlawan nasional yang paripurna. “Sebagai contoh, Bung Karno sebagai Proklamator RI dan Presiden Pertama, dari sisi waktu, telah berjuang sejak muda, bukan hanya kepentingan Indonesia, namun dunia internasional. Ia menancapkan tonggak-tonggak masa depan, baik di negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin

Baca Juga : LK 3.1 Permasalahan Sosial KKF Kelas Atas Guru Pembelajar

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *