Kinerja Guru Sekolah Dasar Dengan Tugas Pokok Dan Fungsi

Kinerja Guru Sekolah Dasar Dengan Tugas Pokok Dan Fungsi

Kinerja Guru

Kinerja guru sekolah dasar adalah hasil pelaksanaan tugas guru dalam mendidik, mengajar, melatih dan mengarahkan, membimbing serta menilai dan mengevaluasi peserta didiknya. Dengan wujud berupa indikator kinerja yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi guru sekolah dasar. Hal ini bersesuaian pula dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang guru yang menyebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas guru dalam Pasal 52 ayat (1) mencakup kegiatan pokok dalam pembelajaran yaitu merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok. Dalam penjelasan Pasal 52 ayat (1) huruf (e), yang dimaksud dengan tugas tambahan, misalnya menjadi pembina pramuka, pembimbing kegiatan karya ilmiah remaja, dan guru piket. Menurut Permendiknas Nomor 35 Tahun 2012, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan dan melatih, serta menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Tugas Pokok dan Fungsi Guru Sekolah Dasar

Kinerja guru sekolah dasar dapat diukur dengan mempergunakan instrumen kinerja yang terkait dengan hasil pelaksanaan kerja guru, yaitu berdasarkan hasil pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru yang meliputi tugas dalam mendidik, mengajar, melatih dan mengarahkan, membimbing, serta menilai dan mengevaluasi, yang dibebankan kepadanya berdasarkan atas kecakapan, pengalaman, kesanggupan serta waktu. Indikator kinerja guru sekolah dasar merupakan indikator hasil pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru. Tugas pokok dan fungsi guru, meliputi:

  1. Tugas guru dalam mengajar

Mengajar merupakan rangkaian kegiatan penyampaian bahan pelajaran kepada siswa agar dapat menerima, menanggapi, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran dan merupakan sebuah cara serta proses hubungan timbal balik antara siswa dengan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan. Mengajar berarti menjadi arsitek dari ruang kelas. Proses mengajar membutuhkan pemikiran, pengertian yang mendalam terhadap motivasi siswa, serta penilaian yang baik. Guru dalam memahami kompleksitas mengajar, harus memiliki pengetahuan tentang diri sendiri, siswa, maupun bahan ajarnya.

  1. Tugas Guru dalam Mendidik

Mendidik berarti melakukan tindakan berdasarkan tujuan untuk mempengaruhi perkembangan peserta didik sebagai pribadi dalam kesatuan sistem sosial budaya, dimana dia hidup. Mendidik juga berarti mempersiapkan siswa menjadi manusia yang berkepribadian, yang bertanggung jawab kepada diri sendiri maupun pembangunan negara dan bangsa.

  1. Tugas Guru dalam Melatih dan Mengarahkan

Dalam rangka mempersiapkan siswa untuk memiliki bekal hidup di dalam masyarakat, guru mengemban tugas melatih dan mengarahkan siswa dengan ketrampilan dasar yang sesuai dengan tingkat perkembangannya, dengan penerapan teknologi dan ketrampilan. Guru sebagai pelatih siswa berarti membentuk kompetensi dasar siswa, juga ketrampilan, baik intelektual maupun motorik.

  1. Tugas Guru dalam Membimbing

Guru sekolah dasar memiliki tugas melaksanakan bimbingan. Titik berat dan kepedulian bimbingan di sekolah dasar adalah pada masalah perkembangan siswa. Program bimbingan di sekolah dasar diarahkan pada pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan seluruh tugas perkembangannya secara efektif. Bimbingan yang diberikan dalam kelas merupakan tanggung jawab pokok bagi guru sekolah dasar.

  1. Tugas Guru dalam Menilai dan Mengevaluasi

Guru memiliki tugas melakukan penilaian dan evaluasi. Kualitas penilaian sangat menentukan kualitas evaluasi. Fungsi dari penilaian guru adalah untuk membantu belajar siswa, mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa, menilai efektivitas pembelajaran. Menilai dan meningkatkan efektivitas kurikulum, mendapatkan data untuk mengambil keputusan, melakukan komunikasi dengan melibatkan orang tua siswa. Maupun meningkatkan motivasi dan hubungan kerja dari semua yang terlibat dalam penilaian.

Baca Juga : Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah

 

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *