KESULITAN BELAJAR | Model Pembelajaran LK 3

lk-3 kesulitan belajar

KESULITAN BELAJAR

  1. Pendahuluan

Kesulitan belajar, Tidak semua peserta didik berhasil mencapai tujuan-tujuan belajar sesuai dengan taraf kualifikasi yang diharapkan. Apabila peserta didik menunjukkan kegagalan tertentu dalam mencapai tujuan-tujuan belajarnya, maka pesertadidik dikatakan mengalami kesulitan belajar.

Jadi peserta didik diduga mengalami kesulitan belajara pabila tidak berhasil mencapai taraf kualifikasi hasil belajar tertentu berdasar kanin dikator atau ukuran kapasitas (tarafintelegensi) atau kemampuan dalam program pelajaran atau tingkat perkembangan. Kualifikasi hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. lk-3 kesulitan belajar

  1. Indikator:

Setelahmelaksanakankegiataninidiharapkanpesertadapat:

  1. mendeskripsikan ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar;
  2. mengidentifikasi kesulitan belajar;
  3. mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar;
  4. menjelaskan cara mengatasi kesulitan belajar melalui pembelajaran;
  1. Bahan         :
  2. ModulKarakateristik, Bahan Ajar Awal, danKesulitanBelajarPesertaDidikpadaUraianMateribagianKesulitanBelajar
  1. Dokumen yang diperlukanuntukidentifikasikesulitanbelajar: kisi-kisisoaldansoalulanganformatif/ UlanganHarian; hasilulangan; gambaranpembelajaran yang telahdilakukandancatatan proses pembelajaranterkaitkarakteristikpesertadidikdalampembelajaran.

Dari data hasil UH diketahuiada 5 orang dengan skor dibawah skor ketuntasan belajar yaitu Andi, Budi, Cici, Dudi, dan Ema. Skor kelimanya relative berdekatan namun agak jauh dari skor ketuntasan belajar. Dari hasil analisis jawab andi ketahui soal-soal yang tidak bias dijawab adalah pertanyaan terkait materi yang memerlukan pemahaman yang komprehensif yaitu tentang analisis data, membuat simpulan dari hasil analisis data, dan mekanisme pembentukan energi.

Dari catatan proses pembelajaran peserta didik kelas tsb yang dibuat bu Khadijah, Andi dan Cici termasuk yang sering terlambat jika jadwal pembelajaran pada jam ke 1 dan 2. Budi, Dudi, Ema jarang bias menyelesaikan tugas tepat waktu baik tugas di kelas maupun pekerjaan rumah. Pada saat kegiatan kelompok, aktivitas ketiganya tidak terlaluaktif. Hasil wawancara Bu Khadijah dengan kelimanya menunjukkan Andi dan Cici termasuk anak yang terlalu dilindungi orang tua sehingga cenderung dimanja sehingga kurangman diri. Sebaliknya orangtua Budi, Dudi, dan Ema cenderung melepas sehingga perkembangan prestasinya tidak tercermati dengan baik karenanya tumbuh kebiasaan belajar yang kurang baik seperti malas belajar dan motivasi belajar yang rendah. Dalam hal pergaulan sehari-hari kelimanya adalah peserta didik yang pandai bergaul karena memiliki cukup banyak teman.

  1. Kegiatan
  2. Tugas
  3. Tentukanlah kesulitan belajar siswa menggunakan data darikelas yang Anda asuh berdasarkan langkah-langkah yang telah dijelaskan pada uraian materi bagian Kesulitan Belajar.
  4. Identifikasilah perkiraan factor penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik
  5. Tentukanlahkegiatan-kegiatan yang dapatdigunakansebagaialtenatifmengatasikesulitanbelajartersebutmelaluipembelajaran
  6. Presentasikanlah hasil kegiatan. Kelompok lain menanggapi dan fasilitator mengkonfirmasi atau mengklarifikasi.  kesulitan belajar

 

baca juga :  Petunjuk Pengisian Lembar Kerja LK-1.1 Kurikulum Modul C Kelas Bawah

 

JAWABAN

  1. 1.     Menunjukkan hasil belajar yang rendah di bawah rata-rata nilai yang  dicapai oleh kelompoknya atau di bawah potensi yang dimilikinya.
  2. Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan. Ia berusaha dengan keras tetapi nilainya selalu rendah.
  3. Lambat dalam mengerjakan tugas-tugas belajar. Ia selalu tertinggal dengan kawan-kawannya dalam semua hal, misalnya dalam mengerjakan soal-soal dalam menyelesaikan tugas-tugas.
  4. Menunjukkan sikap yang kurang wajar, seperti: acuh tak acuh, berpura-pura, dusta, dan lain-lain.
  5. Menunjukkan tingkah laku yang berlainan.
  6. Anak didik yang tergolong memiliki IQ tinggi, yang secara potensial mereka seharusnya meraih prestasi belajar yang tinggi, tetapi kenyataannya mereka mendapatkan prestasi belajar yang rendah.
  7. Anak didik yang selalu menunjukkan prestasi belajar yang tinggi untuk sebagian besar mata pelajaran, tetapi di lain waktu prestasi belajarnya menurun drastis.
  1. Identifikasilahperkiraanfactorpenyebabkesulitanbelajar yang dialamipesertadidik !
  2. Faktor Internal

Yang dimaksud dengan faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik. Faktor ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor kejiwaan dan faktor kejasmanian.

  1. Faktor Eksternal

Yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah faktor yang berada atau berasal dari luar peserta didik. Faktor ini dapat dibedakan menjadi dua : faktor instrumental dan faktor lingkungan. kesulitan belajar

  1. alternatif kegiatan yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan
    belajar,yaitu :

– merancang pembelajaran yang menarik minat siswa

– merancang pembelajaran dengan model bermain (Psikomotorik)

– memberikan perhatian khusus kepada siswa yang lambat dalam menerima
pembelajaran.

  • – memberikan penilaian kepada siswa yang lambat dengan cara yang
    runtut mulai dari yang muda, sedang dan selanjutnya ke agak rumit.

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *