BKN Terapkan Kenaikan Pangkat dan Pensiun Sistem Otomatis

Wacana pemerintah yang akan menerapkan naik pangkat otomatis dan pensiun otomatis direspon oleh BKN dan segera akan diterapkan, tentunya akan mempermudah prosedur kenaikan pangkat dan pensiun otomatis tanpa harus kesana dan kemari membawa banyak persyaratan tentunya pekerjaan guru akan menjadi maksimal dan jangan risau kalau susah naik pangkat.

Untuk meningkatkan percepatan layanan kepegawaian utama, seperti Kenaikan Pangkat (KP) dan Pensiun, BKN akan terapkan sistem pelayanan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) berbasis less-paper. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Iwan Hermanto menjelaskan bahwa less-paper yang diartikan dalam layanan KPO & PPO, yakni dengan mengurangi persyaratan administratif yang sebelumnya masih memerlukan banyak dokumen, kini diminimalisasi.

Baca Juga : PGRI Persatuan Guru Republik Indonesia Sejarah Singkat

Sistem layanan kepegawaian KPO & PPO sudah dilaksanakan oleh BKN sejak tahun 2015 lalu dengan mengacu pada Peraturan Kepala (Perka) BKN Nomor 25 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemberhentian Persetujuan Teknis Kenaikan Pangkat Reguler PNS Tingkat I Golongan Ruang IV/b ke bawah dan Perka BKN Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemberhentian dan Pemberian Pensiun PNS yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) yang akan diberhentikan dalam Pangkat Pembina Tingkat I Golongan Ruang IV/b ke bawah.

kenaikan pangkat online dan otomatis

Layanan KPO & PPO berbasis less-paper dilakukan untuk memangkas dokumen persyaratan administratif yang harus dipenuhi ketika mengajukan usulan KP dan pensiun, sehingga proses pengusulan hingga penetapan dapat berjalan singkat tanpa melewati alur yang panjang dengan prosedur yang kompleks.

kenaikan pangkat online dan secara otomatis

Hal ini merupakan komitmen BKN untuk terus melakukan terobosan dalam mempermudah dan mempersingkat seluruh layanan kepegawaian, serta mengoptimalkan seluruh sistem informasi kepegawaian yang cepat, tepat, dan akurat. Bahwa perjalanan sistem ini juga tentu membutuhkan kerjasama dan komitmen seluruh pihak, terutama pihak setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam melakukan rekonsiliasi data PNS melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang dimiliki BKN.

Demkianlah informasi tentang penerapan naik pangkat otomatis dan pensiun otomatis berbasis less-paper. Semoga layanan ini akan memberikan kemudahan kepada seluruh PNS dalam jenjang pengurusan naik pangkat. Semoga info bermanfaat.

Baca Juga : Kompetensi Guru Berdasarkan Undang-Undang

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *