Jurusan STAN Sekolah Tinggi Administrasi Negara pknstan.ac.id

Jurusan STAN (Sekolah Tinggi Administrasi Negara)
Jurusan STAN (Sekolah Tinggi Administrasi Negara)
Share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang terkenal di masyarakat dengan sebutan STAN merupakan salah satu sekolah tinggi ikatan dinas yang bergengsi di Indonesia. Institut pendidikan yang berada langsung dibawah kementerian keuangan ini berdiri sejak tahun 1977. sekolah tinggi ini didirikan atas dasar kebutuhan lulusan dengan latar belakang pendidikan akuntansi yang profesional yang dibutuhkan oleh negara, di bawah ini jurusan stan yang dibuka.

Dari dasar itulah dibuka beberapa program studi dengan spesialis disiplin ilmu masing – masing.

Inilah jurusan STAN (Sekolah Tinggi Administrasi Negara)

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara mempunyai enam jurusan didalamnya yaitu :

Jurusan Spesialisasi Akuntansi

Jurusan akuntansi ini hanya memiliki satu program studi yaitu program studi diploma III. Jurusan ini diarahkan untuk mendidik lulusan supaya memiliki kemampuan serta kompetensi di bidang Akuntansi manajemen baik secara konseptual maupun secara praktikal yang dibutuhkan oleh instansi di bawah kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Untuk lulusan Spesialis Akuntansi ini diharapkan akan mampu melakukan proses klarifikasi, peringkasan, pengolahan dan juga pengkajian di semua keuangan. Dan kegiatan tersebut nantinya akan menjadi dasar penentuan kebijakan keuangan di instansi tersebut.

Spesialisasi Kepabeanan Dan Bea Cukai

Jurusan yang ini memiliki dua tingkaran spesialis yaitu program studi diploma I serta program studi diploma III. Program Studi diploma I dibuka untuk Perempuan dan Laki – Laki. Namun untuk program Diploma III bea cukai hanya dikhususkan untuk Laki – Laki saja. Perlu diketahui bahwa pendidikan bea dan cukai dilaksanakan semi militer.

Jurusan Kebendaharaan Negara

Program Studi ini dibentuk untuk  mendidik mahasiswana untuk menjadi lulusan yang berkompeten dalam hal yang berkaitan tentang kebendaharaan negara. Hal yang berkaitan tentang kebendaharaan negara  seperti perencanaan anggaran, penyusunan anggaran serta perancangan anggaran pendapatan dan belanja negara baik dari provinsi maupun tingkat daerah. Selain itu kebendaharaan negara juga berkaitan dengan inventarisasi aset pemerintah baik dari pusat maupun daerah.

Jurusan Spesialisasi Pajak

Program studi spesialisasi pajak merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati dari pendaftar mahsiswa baru setiap tahunnya. Dari semua total yang diterima, kuota terbesar adalah jurusan spesialisasi pajak. Program studi ini didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang akan menjadi lulusan yang berkompetensi di bidang perpajakan.

Secara umum jurusan ini mempelajari bagaimana cara menyusun laporan perpajakan. Akan tetapi hal itu merupakan kompetensi lulusan perpajakan secara umum.

Jurusan Spesialisasi Kepengurusan Piutang dan Lelang Negara

Jurusan ini diadakan untuk menghasilkan mahasiswanya akan menjadi lulusan tang mempunyai kompetensi di ranah piutang negara dan lelang negara. Jurusan ini berkaitan dengan usaha-  usaha negara yang disewa asetnya oleh pihak lain. Selain itu, jurusan ini juga mengurus lelang proyek yang didanai oleh pemerintah.

Jurusan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai

Program studi ini erat kaitannya dengan tempat kita tinggal. Setiap rumah dan gedung memiliki pajak. Pada saat ini mendirikan rumah harus mempunyai IMB. Jurusan ini berbeda degan jurusan perpajakan. Jika perpajakan mengurusi pajak yang ranahnya mencakup penghasilan (PPh) dan pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan juga pajak penjualan bawang mewah (PPnBm).

Jurusan spesialisasi pajak bumi bangunan ini didirikan untuk mengurus ijin mendirikan banguna  di atas bumi. Selain itu yang berkaitan dengan bangunan. Jurusan ini juga mengurus pajak kepemilikan lahan.

Demikianlah beberapa pemaparan mengenai jurusan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Semoga ulasan jurusan STAN ini bermanfaat bagi anda yang ingin meneruskan pendidikan di STAN.

Baca Juga : Pendaftaran Online STAN 2017/2018

Postingan Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*