Jenis Model Pendidikan TK Atraktif

jenis model pendidikan tk
jenis model pendidikan tk
Share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

Jenis Model Pendidikan TK atraktif sebenarnya telah banyak model pendidikan yang telah diperkenalkan yang dapat digunakan di TK. Semua model pendidikan yang digunakan umumnya menekankan pada prinsip belajar yang menyenangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan anak. Berikut ini dikemukakan model pendidikan TK Atraktif yang terdiri atas empat model pendidikan, yaitu :

Jenis Model Pendidikan TK Pembelajaran Suara, Bentuk dan Bilangan

Jenis Model Pendidikan TK jenis model pembelajaran suara, bentuk dan bilangan ini berorientasi pada konsep yang dikemukakan oleh Johann Heindrich Pestalozzi yang beranggapan bahwa pendidikan bertujuan mengembangkan daya-daya jiwa yang dimiliki anak sehingga menjadi orang yang berguna bagi masyarakat dan negaranya. Pendidikan bukanlah upaya menimbun pengetahuan pada anak didik namun pendidikan harus disesuaikan

dengan perkembangan anak menurut keadaan sesungguhnya (kondratinya). Ciri khas pandangan Pestalozzi terhadap pendidikan TK Atraktif yaitu menekankan konsep pembelajaran suara, bentuk dan bilangan. Konsep suara mencakup bahanpengembangan bahasa yang menitikberatkan pada aspek komunikasi dan perbendaharaan kata Konsep bentuk mencakup bahan pengembangan pengetahuan tentang bangun, menggambar dan menulis.

Konsep bilangan mencakup bahan pengembangan tentang semua aspek yang berkaitan dengan berhitung. Pembelajaran suara, bentuk dan bilangan ini dilakukan melalui pengembangan AVM (Auditory, Visual, Memory) yang merupakan potensi utama yang harus dikembangkan pada anak TK dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara integrated (terpadu). Melalui pengembangan AVM ini fungsi sel-sel syaraf akan berkembang, yang selanjutnya dapat mengembangkan potensi-potensi lainnya seperti imajinasi, kreativitas, inteligensi, bakat, minat dan sebagainya.

Jenis Model Pendidikan Tk Pembelajaran Spielformen

Jenis Model Pendidikan TK model pembelajaran Spielformen berdasarkan konsep dasar dari Frobel, seorang pendiri Kindergarten. Frobel mengungkapkan bahwa mendidik pada hakekatnya adalah membangkitkan manusia sebagai makhluk yang sadar, berpikir dan mengerti sehingga dapat menterjemahkan hukum Tuhan di muka bumi. Pendidikan harus dimulai dari dalam diri anak dan tidak memaksakan dari luar ke dalam diri anak. Prinsip utama dari model pendidikan Frobel adalah pengembangan otoaktivitas (aktivitas yang berasal dari dalam) pada anak agar mau melaksanakan kegiatan belajar. Prinsip kedua adalah kebebasan atau suasana merdeka dalam kegiatan belajar mengajar sehingga anak dapat berkembang sesuai potensi masing-masing. Prinsip ketiga yang dikemukakan oleh Frobel adalah pengamatan dan peragaan (menyangkut seluruh indra) bai dari lingkungan fisik, social maupun keagamaan.

Jenis Model Pendidikan Tk Pembelajaran Sentra

Jenis Model Pendidikan TK model pembelajaran sentra (dalton) berdasarkan pandangan dari Helen Parkhust. Pandangan dasar Helen tentang pendidikan adalah pengajaran harus disesuaikan dengann sifat dan keadaan inividu. Sehingga bahan pengajaran dan cara mengajar yang dilakukan oleh guru harus mengikuti dan memperhatikan tempo dan irama perkembangan setiap anak. Seorang anak akan menguasai berbagai bahan pengajaran tanpa merasa terhambat oleh kelebihan dan kekurangan anak lain. Bentuk pengajaran yang diterapkan pada model pembelajaran sentra merupakan keterpaduan antara bentuk membelajaran secara klasikal dan bentuk pembelajaran individual.

Jenis Model Pendidikan TK Pembelajaran Proyek

Jenis Model Pendidikan TK model pembelajaran proyek adalah model pembelajaran berdasarkan konsep dasar dari Kilpatrick. Secara harfiah, proyek mempunyai makna, maksud atau rencana. Dalam satu kegiatan pengajaran, proyek dibica-rakan antara guru dan murid secara bersama-sama dalam rangka me-mahami berbagai sendi-sendi dasar pengetahuan pada berbagai bidang pengembangan. Proyek adalah suatu model pembelajaran yang dilakukan guru dengan jalan menyajikan suatu bahan pengajaran yang memungkinkan murid mengolah sendiri untuk menguasai bahan pengajaran tersebut.

Postingan Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*