Identifikasi Kemampuan Intelektual Dan Implementasinya

Identifikasi Kemampuan Intelektual Dan Implementasinya
Identifikasi Kemampuan Intelektual Dan Implementasinya
Share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

Identifikasi Kemampuan Intelektual Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran

A. Pendahuluan

Kemampuan berpikir sejalan dengan pertumbuhan saraf otak, karena kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya dengan baik. Pertumbuhan syaraf otak yang telah matang akan mengalami perkembangan kemampuan berpikirnya. Kemampuan berpikir dikenal sebagai perkembangan kognitif. Teori perkembangan kognitif dikemukakan oleh Jean Piaget, seorang psikolog berkembangsaan Swiss.

 

B. Indikator:

Setelah melaksanakan kegiatan ini diharapkan peserta dapat identifikasi kemampuan intelektual:

  1. mengidentifikasi perkembangan kemampuan intelektual peserta didik
  2. menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kemampuan intelektual peserta didik

C. Bahan

  1. Bahan Bacaan Identifikasi Perkembangan Kemampuan Intelektual,
  2. Bahan bacaan lain yang relevan Dokumen/ data selengkap yang memungkinkan, yang diperlukan untuk identifikasi perkembangan kemampuan intelektual dari kasus kelas yang diasuh peserta diklat, diantaranya: hasil tes IQ; ulangan formatif/Ulangan Harian; nilai tugas/ fortofolio; UTS; UAS; dan catatan tentang gambaran pembelajaran yang telah dilakukan serta karakteristik peserta didik terkait perilaku dan kemampuan intelektual.

D. Kegiatan

Tugas

  1. Tentukanlah perkembangan kemampuan intelektual peserta didik menggunakan data dari kelas yang Anda asuh, berdasarkan langkah-langkah yang telah dijelaskan pada uraian materi bagian identifikasi kemampuan potensi/intelektual
  2. Tentukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat digunakan sebagai altenatif dalam pembelajaran untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan intelektual peserta didik,
  3. Buatlah laporan hasil kegiatan, selanjutnya unggahlah

Jawab

  1. Dari hasil pengamatan, analisis hasil ulangan atau tes, analisis tugas/ hasil karya peserta didik, wawancara dengan peserta didik dan orang tuanya, serta melakukan kerjasama dengan rekan sejawat saya mengidentifikasi kelas yang saya asuh termasuk kategori average student : a). pencapaian KKm untuk sebagian muatan pelajaran diperoleh melalui bantuan remedial, b). penyelesaian tugas sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
  2. Kegiatan – kegiatan yang dapat saya lakukan sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik adalah :
  • Di luar pembelajaran a). Memberi pelajaran tambahan untuk materi yang belum dipahami . b). Jika diperlukan memberi langkah – langkah kegiatan yang dilakukan anak di rumah untuk berlatih dan menguatkan pemahaman.
  • Saat perencanaan : memahami karakteristik perilaku dan kemampuan peserta didik , merancang strategi pembelajaran yang sesuai, menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif, membimbing peserta didik untuk menguasai berbagai ketrampilan, melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik belajar bergaul dan bekerja sama, memberi peserta didik motivasi.
  • Saat pembelajaran : a). Melakukan pengamatan berbagai respon, proses, dan hasil peserta didik dalam melaksanakan tugas, b). Menganalisis data yang sudah diperoleh, c). Memotivasi untuk giat belajar, tidak mudah menyerah, meningkatkan prestasi. d). Menggunakan metode pembelajaran yang variatif agar kondusif. e). Menempatkan tempat duduk peserta didik dengan prinsip keadilan dan kebutuhan peserta didik. f).Memberi apresiasi bagi peserta didik yang meningkat hasil belajarnya.
  • Bekerjasama dengan orang tua a). Memfasilitasi orang tua mendampingi putra- putrinya agar lebih mudah belajar dan giat belajar. b). Bertukar informasi terkait perkembangan kemampuan intelektual peserta didik. c). Menginformasikan perkembangan kecerdasan lain yang dimiliki peserta didik. (identifikasi kemampuan intelektual)

Baca Juga : Forum Sesi 4 KKF Konflik Layanan Transportasi Berbasis Aplikasi

Postingan Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*