Pentingnya Guru Pembelajar Moda Dalam Jejaring (Daring)

Pentingnya Guru Pembelajar Moda Daring

Guru Pembelajar Moda Daring. Keberhasilan pelaksanaan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar ditentukan oleh kesungguhan semua pihak dalam melaksanakan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar. Guru mempunyai tugas, fungsi, dan peran sangat penting serta strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, berjiwa sosial, dan berkepribadian yang baik.

Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya dalam memberikan layanan pendidikan/pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik, wajib bagi guru untuk selalu melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi Guru Pembalajar sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peningkatan kompetensi Guru Pembelajar merupakan langkah strategis untuk menjangkau guru dengan daya jelajah yang luas dan daerah yang secara geografis sulit dijangkau tetapi memiliki akses internet, pembelajaran Guru Pembelajar yang dirancang dan dikembangkan oleh GTK diharapkan mampu digunakan oleh guru dengan tidak terbatas waktu dan ruang dalam belajar sehingga guru didaerah sasaran peningkatan kompetensi Guru Pembelajar dapat melakukan pembelajaran yang diharapkan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Partisipasi peserta dalam kegiatan Guru Pembelajar moda daring ini sangat penting karena dapat mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang bersangkutan. Melalui sumber belajar dalam berbagai bentuk dan referensi yang tersedia di sistem Guru Pembelajar moda daring, peserta dapat mengikuti pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan materi pembelajaran yang di sajikan.

Monitoring dan evaluasi Guru Pembelajar moda daring dilakukan oleh masing-masing UPT dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring.

Sertifikat Guru Pembelajar moda daring diberikan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan pembelajaran dan memenuhi kriteria kelulusan dan jika peserta Guru Pembelajar tidak memenuhi kriteria kelulusan maka tidak diberikan surat keterangan. Pencetakan sertifikat yang dilakukan secara digital pada aplikasi SIM Guru Pembelajar menjadi tanggungjawab peserta Guru Pembelajar dan keasliannya dilegalisasi oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat tanpa dikenai biaya apapun.

Baca Juga : Pengertian Guru Pembelajar Moda Dalam Jejaring

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *