Festival Robotik dan Kompetisi Untuk Madrasah Anggaran 2016

festival robotik

Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi robot tingkat madrasah. Program ini pertamakali diselenggarakan pada tahun 2015. Pada pelaksanaan tahun kedua ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas dan output yang dihasilkan. Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah merupakan program baru yang menjadi salah satu program unggulan Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Program ini ke depannya akan diselenggarakan setiap tahun.

Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi. Tercapainya kondisi tersebut di lingkungan pendidikan madrasah memacu siswa dalam meraih prestasi belajar, kreatif, inovatif dan menghasilkan penemuan teknologi baru yang membanggakan.

Harapan kami di masa mendatang Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah dapat diselenggarakan juga pada tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten/kota. Sehingga peserta yang mengikuti Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional telah melalui seleksi prestasi dan benar-benar merupakan siswa terbaik di tingkat provinsi. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan hasil Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah tingkat nasional merupakan bibit-bibit yang bisa diorbitkan pada kompetisi robot tingkat nasional maupun internasional yang berasal dari madrasah.

Semakin banyak sekolah yang ingin menyelenggarakan pembelajaran robotika di sekolah. Namun sarana dan prasarana untuk proses pembelajaran robotika di madrasah masih sangat minim. Tingginya antusiasme siswa/i untuk mengenal dan mempelajari teknologi robotika dan otomasi. Telah mulai bermunculan pelajar madrasah yang mengikuti kompetisi robotika baik di dalam maupun luar negeri. Kurangnya sarana dan prasarana di madrasah terkait robotika dan otomasi sehingga tidak mudah untuk mewujudkan kegiatan program pendidikan baik ektrakurikuler maupun intrakurikuler di bidang robotika dan otomasi.

Pendidikan madrasah ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai program yang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan.

Guna pencapaian target yang telah ditetapkan disusunlah buku panduan pelaksanaan Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah Tahun 2016. Melalui buku panduan ini diharapkan pihak¬pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah dapat menggunakan buku panduan ini, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pedoman Kompetisi dan Festival Robotik Madrasah 2016

Info lebih Lengkap klick disini

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *