Evaluasi Kurikulum Pendidikan Kejuruan Tugas Kelompok

Evaluasi Kurikulum Pendidikan Kejuruan
Evaluasi Kurikulum Pendidikan Kejuruan
Share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

Apa maksud dari “CURRICULUM PLANING AND DEVELOPMENT”?

Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif, di dalamnya mencakup perencanaan, penerapan, dan evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal membangun kurikulum ketika pekerja kurikulum membuat keputusan dan mengambil tindakan untuk menghasilkan perencanaan yang akan digunakan oleh guru dan peserta didik. Penerapan Kurikulum atau biasa disebut juga implementasi kurikulum berusaha mentransfer perencanaan kurikulum ke dalam tindakan operasional.

Bagaimana perencanaan pembelajaran yang ideal menurut tuntutan kurikulum yang berlaku?

Perencanaan yang ideal menurut tuntutan kurikulum tentunya telah memenuhi kriteria yang harus dilakukan dalam pembelajaran. Sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku, perencanaan setidaknya meliputi tiga hal pokok, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, kemudian penutup. Dalam satu paket perencanaan tersebut telah tergambarkan model pembelajarannya dengan jelas. Kemudian di dalam strategi hingga taktik mengajar juga telah disebutkan pada rencana pembelajarannya.

Uzer Usman dalam bukunya “Menjadi Guru Profesional” menyebutkan persiapan mengajar yang baik harus memenuhi kriteria:

  • Materi dan tujuan mengacu pada garis besar program pengajaran.
  • Proses belajar mengajar menunjang pembelajaran aktif dan mengacu pada analisis materi pelajaran.
  • Terdapat keselarasan antara tujuan, materi dan alat penilaian.
  • Dapat dilaksanakan.
  • Mudah dimengerti/dipahami.

Dalam perencanaan pembelajaran hal yang perlu ditampilkan pertama kali adalah Standar Kompetensi (SK). Selanjutnya dijabarkan dalam Kompetensi Dasar (KD) sebuah topik, dari topik yang akan dibahas kemudian ditentukan pula indikator yang akan dicapai. Berikutnya menyebutkan tujuan pembelajaran yang seterusnya diberikan gambaran/deskripsi singkat materi yang akan disampaikan. Kemudian menyebutkan pendekatan dan metode yang akan dipakai. Sedangkan didalam kegiatan inti hingga kegiatan akhir menyebutkan taktik yang akan dilakukan meliputi membuka dengan doa, menyampaikan materi pertemuan selanjutnya serta doa penutup. Dibagian akhir disebutkan pula sumber ajar, alat, media, teknik penilaian, bentuk penilaian, intrumen dan kriteria penilaian.

Jelaskan tujuan dari tes formatif dan tes sumatif? Serta beri contoh!

Formatif : Sebagai dasar untuk memperbaiki produktivitas belajar mengajar

Contoh : Tes yang di lakukan setelah pembahasan tiap BAB

Sumatif : Menentukan hasil yang dicapai peserta didik dalam program tertentu, dalam wujud status keberhasilan peserta didik pada tiap akhir program pendidikan dan pengajaran

Contoh : UTS dan UAS

 Baca Juga : Kesalahan Guru Yang Harus Dihindari dalam Profesi Mengajar

Postingan Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*