Pengembangan Bakat Keahlian dan Minat Peserta Didik Berkemajuan

Pengembangan Bakat Keahlian dan Minat Peserta Didik Berkemajuan

Adanya alat ukur yang standar dapat melakukan pemetaan dan penelusuran bakat keahlian dan minat peserta didik dapat menjadi lebih mudah dan terukur. Bakat keahlian dan minat peserta didik dapat tergambarkan secara sesuai berdasarkan hasil alat tes tersebut. Alat bakat dan minat ini juga dapat digunakan sebagai basis data pengembangan bakat dan minat peserta didik  pada level sekolah atau daerah. Kemudian terdapat profil data minat peserta didik yang bukan hanya pada level sekolah saja, namun dapat dikembangakan juga sampai pada level daerah atau bahkan kelevel nasional.

Pengembangan bakat dan minat ini bertumpu pada lima pengembangan bakat. Bakat yang pertama yaitu, bakat akademik khusus, kedua bakat kreatif-produktif, ketiga bakat Seni, keempat bakat kinestetik atau psikomotorik, dan kelima bakat sosial. Penjelasan terkait kelima bakat diatas akan dijabarkan di bawah ini yang dikaitkan langsung dengan bakat keahlian, pengembangan bakat, pengembangan sarana, program pelaksanaan, dan peluang kewirausahaan.

Bakat akademik khusus menjelaskan terkait kemampuan seseorang untuk bekerja dalam angka – angka, bahasa, dan lainnya. Bakat akademik khusus ini memiliki duabelas bakat keahilan. Bakat keahlian tersebut yaitu akuntansi dan keuangan, kimia, ekonomi, bahasa, hukum, matematika, geografi, sejarah, keperawatan, filsafat dan ilmu agama, fisika, dan ilmu kehewanan.

Pengembangan bakat keahlian akuntansi dan keuangan yaitu dengan melakukan eksperimen untuk menguji gagasan dan penguasaan dalam teknik menggunakan alat terkait keahlian tersebut. Pengembangan sarana dapat dilakukan dengan pengelolahan koperasi sekolah dan dengan menyediakan alat perhitungan akutansi. silabus.org Program yang dapat dilakukan yaitu dengan menguji kompetensi siswa dengan mengundang pihak perusahaan. Kewirausahaan yang dapat dijalankan yaitu pengembangan koperasi dan terkait dengan jasa keuangan.

Pengembangan bakat keahlian kimia yaitu membaca, menguasai dan menggunakan teknik dan alat, menggambar struktur, dan mengerjakan latihan soal. Pengembangan sarana yang dapat dilakukan yaitu perpustakaan, laboratorium, bank soal, silabus.org dan poster simbol kimia. Program yang dapat dilakukan yaitu praktek rutin, studi banding ke laboratorium universitas, dan melakukan eksperimen. Kewirausahaan yang dapat dilakukan yaitu penyediaan bahan kimia yang aman dan bermanfaat, serta memberikan jasa kursus tentang materi kimia.

Pengembangan bakat keahlian ekonomi yaitu dapat dilakukan dengan membaca dan mengerjakan soal terkait materi ekonomi. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan mengoptimalkan perpustakaan sekolah. Pengembangan program dapat dilakukan dengan melakukan seminar terkait isu ekonomi terkini dan melakukan kunjungan ke perusahaan. Pengembangan kewirausahaan dapat dilakukan dengan membuka jasa pendistribusian barang dan dapat membuka agen kebutuhan pokok masyarakat.

Pengembangan bakat keahlian bahasa yaitu dapat dilakukan dengan membaca dan menghafal. Sarana yang dapat dikembangkan silabus.org dalam bakat keahlian bahasa yaitu dengan mengefektifkan laboratorium bahasa. Program yang dapat dikembangkan yaitu program Setiap Hari Membaca (SHM). Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu membuka jasa penerjemah terkait dengan bahasa yang dikuasai.

Pengembangan bakat keahlian hukum yaitu dapat dilakukan dengan membaca dan menghafal, memecahkan masalah, dan melakukan diskusi serta tanya jawab. Sarana yang dapat dikembangkan untuk menunjang kegiatan ini yaitu mengoptimalkan ruang diskusi dan perpustakaan. Program yang dapat dilakukan yaitu silabus.org mengundang ahli hukum, diskusi, pembuatan poster pasal dan UUD 45. Kewirausahaan yang mungkin dapat dilakukan yaitu menjadi bagian dari notaris.

Bakat keahlian matematika dapat dikembangkan dengan melakukan latihan menjawab soal dengan rutin. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu membuat bank soal matematika. Program yang dapat dikembangkan yaitu program latihan dan diskusi. Kewirausahaan yang dapat dikembangakan yaitu menjadi pengajar les khusus matematika.

Bakat keahlian geografi dapat dikembangkan dengan membaca, menghafal, dan menguasai teknik dalam menggunakan alat terkait geografi. Sarana yang dapat dikembangakn untuk menunjang bakat tersebut, yaitu perpustakaan dan. Laboratorium. Program yang dapat dikembangkan yaitu melakukan kunjungan ke BMKG. Pengembangan kewirausahaan dapat dilakukan dengan menjadi ahli pertanahan dan kontraktor.

Bakat keahlian sejarah dapat dikembangkan dengan membaca dan menghafal. Sarana yang dapat dikembangkan untuk menunjang bakat sejarah yaitu dengan menyediakan perpustakaan yang lengkap dan menyenangkan. Program yang dapat dikembangkan yaitu diskusi agar membudaya. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu menjadi pemandu wisata sejarah.

Bakat keahlian keperawatan yang dapat dikembangkan yaitu dengan membaca dan menghafal serta dapat menguasai teknik dalam menggunakan alat. Pengembangan sarana yang diperlukan yaitu laboratorium dan perpustakaan. silabus.org Program yang dapat dilakukan yaitu Setiap Hari Membaca (SHM), praktek rutin, dan program merawat diri dengan baik. Kewirausahan yang dapat dikembangkan yaitu dengan membuka klinik.

Bakat keahlian Filsafat dan ilmu agama yang dapat dikembangakan yaitu dengan Membaca dan menghafal, serta memcahkan masalah. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu perpustakaan dan ruang diskusi. Program yang dapat dikembangkan yaitu program diskusi. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu membuka jasa rukhiah dan ahli agama.

Pengembangan bakat keahlian fisika yaitu dapat dilakukan dengan menguasai dan mampu dalam menggunakan alat terkait fisika. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu laboratorium dan bank soal. Program yang dapat dikembangkan yaitu praktek rutin. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu membuka kursus fisika.

Pengembangan bakat keahlian ilmu kehewanan yaitu dapat dilakukan dengan menguasai dalam teknik menggunakan alat. Sarana pengembangan yang dapat dilakukan yaitu menyediakan laboratorium yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu merawat hewan dan melakukan praktek rutin. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu membuka usaha jual beli hewan dan pakan hewan.

Bakat kreatif-produktif merupakan bakat seseorang dalam menciptakan sesuatu yang baru, misalnya menghasilkan program komputer silabus.org terbaru, dan arsitektur. Bakat kreatif-produktif memiliki delapan bakat keahlian. Bakat keahlian tersebut yaitu arsitektur, katering atau tata boga, komputer dan teknologi informasi, ekologi dan lingkungan hidup, teknik, tata busana, media dan komunikasi, dan teknologi tekstil.

Pengembangan bakat keahlian arsitektur dapat dilakukan dengan cara menguasai dan menggunakan tekhnik dalam menggunakan alat terkait arsitektur. Berlatih dalam upaya memecahkan permasalahan terkait bidang tersebut. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu laboratorium dan ruang diskusi yang silabus.org memadai. Program yang dapat dikembangkan yaitu dengan melakukan praktek dengan membuat gambar dan lainnya. Melakukan analisa terkait struktur gedung, bangun, dan terlibat dalam proyek pembangunan. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan dalam bidang arsitektur yaitu dengan menjadi kontraktor.

Pengembangan bakat keahlian katering atau tata boga dapat dilakukan dengan cara membaca dan meningkatkan kemampuan dalam teknik menggunakan alat terkait katering dan tata boga. Sarana yang dapat dikembangkan dalam hal ini yaitu menyediakan ruang membaca dan laboratorium. Program yang dapat dikembangkan yaitu dengan kegiatan Setiap Hari Membaca (SHM) dan praktek latihan memasak. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu dengan membuka rumah makan atau restoran.

Pengembangan bakat keahlian komputer dan teknologi informasi yaitu dengan cara menguasai dan dapat menggunakan alat terkait dengan bidang tersebut. Sarana pengembangan yang dapat dilakukan yaitu dengan menyediakan lab komputer yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu praktek dan simulasi terkait keahlian tersebut. Kewirausahaan yang dapat dilakukan yaitu dengan menjadi supervisi komputer.

Pengembangan bakat dan keahlian ekologi dan lingkungan hidup yaitu dengan cara meningkatkan membaca terkait ekologi dan lingkungan hidup. Sarana yang dikembangkan yaitu dengan memberikan perpustakaan yang memadai dan ruang menonton film. Program yang dapat dikembangkan yaitu dengan mengkaji ekologi dan lingkungan berdasarkan film. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu dengan menjadi seorang konsultan lingkungan.

Pengembangan bakat keahlian teknik dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan membaca dan penguasaan terhadap penggunakan alat. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu perpustakaan yang memadai dan ruang-ruang praktek. Program yang dapat dilakukan yaitu diskusi dan melakukan eksperimen terkait teknik yang telah dipelajari. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu membuka jasa perbaikan alat atau bengkel.

Pengembangan bakat keahlian tata busana yaitu dapat dilakukan dengan membaca dan penguasaan terhadap alat terkait tata busana. silabus.org Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan perpustakaan dan peralatan serta ruang untuk menjahit yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu membuat pola pakaian, kunjungan pada kegiatan peragaan busana, dan membuat kegiatan pameran busana. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu dengan menjadi desainer.

Pengembangan bakat keahlian media dan komunikasi yaitu dengan meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara. Melatih diri untuk dapat bersosialisasi dengan baik dan meningkatkan kepercayaan diri. Sarana yang dapat dikembangkan dalam bakat keahlian ini yaitu perpustakaan dan ruang radio sekolah. Program yang dapat dilakukan yaitu membuat berita terkait kegiatan sekolah dan mengikuti komunitas terkait jurnalistik. Kewirausahaan yang dapat dikembangakan yaitu penyiar radio, produser radio, dan jasa percetakan.

Pengembangan bakat keahlian teknologi tekstil yaitu dengan menguasai dalam menggunakan alat terkait keahlian tersebut. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan menyediakan laboratorium desain. Program yang dapat dikembangkan yaitu melakukan kunjungan kepada perusahaan tekstil atau garmen secara rutin. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu menjadi penjahit pakain, atau membuka konveksi.

Bakat seni merupakan bakat seseorang yang mampu mengaransemen lagu, melukis, drama dan lainnya. Bakat seni terdiri dari enam bakat keahlian. Bakat keahlian tersebut yaitu, seni tari, musik, drama, seni dan desain, art, dan kerajinan tangan. Bakat keahlian ini masing-masing akan dibahas tentang pengembangan selanjutnya.

Pengembangan bakat keahlian seni tari dapat dilakukan dengan menguasai dalam penggunaan alat dalam seni tari. Sarana yang perlu dikembangakan yaitu adanya ruang tari, pengajar tari, dan pakaian tari sesuai dengan tarian tersebut. Program yang dapat dikembangkan yaitu mengadakan kegiatan perlombaan, berlatih rutin seminggu sekali, mengisi kegiatan di luar sekolah. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu menjadi instruktur tari.

Perkembangan bakat keahlian musik dapat dilakukan dengan menguasai dan menggunakan alat musik. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu adanya studio musik dan alat-alat musik yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu pentas musik dan mengisi acara musik di luar sekolah. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu membuka jasa studio musik.

Baca : Download Buku Pedoman LKS SMK Daring (ONLINE)

Perkembangan bakat keahlian drama yaitu dapat dilakukan dengan kemampuan membaca, berbicara dan menggunakan alat terkait drama. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu ruang teater yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu akting, ikut dalam kegiatan teater profesional, dan berlatih rutin. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu menjadi pengajar akting.

Pengembangan bakat keahlian seni dan desain dapat dikembangkan dengan menguasai dan menggunakan alat terkait seni dan desain. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan menyediakan ruang desain. Program yang dapat dikembangkan yaitu praktek rutin. Kewirausahaan yang dapat dilakukan yaitu dengan menjual hasil kreatifitas yang telah dibuat.

Pengembangan bakat keahlian art yaitu dengan menguasai dan dapat menggunakan alat yang terkait dengan art. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan menyediakan ruang seni yang memadai. Program yang dapat dikembangkan yaitu praktek setiap waktu tertentu. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu dengan menjual hasil kesenian yang telah dibuat.

Pengembangan bakat keahlian kerajinan tangan yaitu dengan menguasai dan dapat menggunakan alat yang terkait dengan kerajinan tangan. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu mengoptimalkan ruangan praktek, dan alat cetak atau sablon. Program yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bakat tersebut yaitu dengan membuat kreatifitas menyulam. Kewirausahaan yang dapat dilakukan yaitu membuka toko kerajinan tangan.

Bakat kinestetik atau psikomotorik merupakan bakat seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggerakan seluruh tubuh individu, misalnya sepak bola atau voli. Bakat kinestetik. Bakat kinestetik ini terdiri dari olahraga dan permainan. Olah raga dan permaian dapat dikembangkan dengan kegiatan ekskul. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu alat-alat olahraga yang memadai serta lapangan serba guna yang dapat digunakan untuk beberapa kegiatan olahraga Program yang dapat dilakukan yaitu Satu Hari Sehat (SHS), kegiatan sehari sehat ini siswa diberikan kebebasan untuk melakukan olahraga yang diminati nya. Kewirausahaan yang dapat memberikan pelatihan terhadap keahlian olahraga tertentu, misalnya dapat melatih futsal.

Bakat sosial merupakan bakat seseorang yang mahir dalam bernegosiasi, berinteraksi, dan berkomunikasi. Bakat sosial ini memiliki empat bakat keahlian yaitu, psikologi, perpustakaan dan informasi, politik dan hubungan internasional, dan sosiologi. Bakat keahlian tersebut akan dijelaskan lebih lanjut yang terkait dengan pengembangan yang dapat dilakukan.

Pengembangan bakat keahlian psikologi yaitu dengan meningkatkan humor dalam berelasi, menceritakan atau menulis cerita imajinatif, pembaca yang intensif, berimajinasi, dan berinteraksi dengan banyak orang. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan menyediakan ruang terbuka dan perpustakaan yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu dengan pengembangan terkait komunitas sesuai dengan minat siswa. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu dengan menjadi jasa konsultan.

Pengembangan bakat keahlian perpustakaan dan informasi yaitu dengan banyak membaca secara intensif. Sarana pengembangan yaitu dengan manyediakan perpustakaan yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu Satu Hari Membaca (SHM) dan belajar menghafal setiap informasi. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu penyewaan buku (perpustakaan) keliling.

Pengembangan bakat keahlian politik dan hubungan internasional yaitu dengan berelasi, menceritakan atau menulis cerita imajinatif, pembaca yang insentif, dan berinteraksi dengan orang banyak. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan menyediakan perpustakaan yang memadai. Program yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat komunitas serta organisasi yang terkait dengan politik dan hubungan internasional. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu dengan menjadi seorang pembicara dibidang keahlian tersebut.

Pengembangan bakat keahlian sosiologi yaitu dengan mengembangkan membaca yang insentif dan berinteraksi dengan orang banyak. Sarana yang dapat dikembangkan yaitu dengan menyediakan ruang terbuka dan perpustakaan. Program yang dapat dikembangkan yaitu dengan memberikan program pengenalan kebudayaan. Kewirausahaan yang dapat dikembangkan yaitu dengan menjadi pemandu wisata budaya.

Pengembangan bakat keahlian yang telah dijabarkan di atas berdasarkan kedekatan kemungkinan program yang dapat dikembangkan. Pengembangan tersebut dapat dikembangkan lebih luas lagi dan tidak menutup kemungkinan ada program lain yang dapat menunjang bakat keahlian yang dapat dikembangkan. Penjabaran di atas bertujuan untuk meningkatkan bakat keahlian siswa agar siswa/i dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki.

Baca : Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat Dan Minat

 

Postingan Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *